Satgas Pengawalan DOB Terus Matangkan Data Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan
×

Adsense

Adsense Mobile

Satgas Pengawalan DOB Terus Matangkan Data Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan

Jumat, 09 September 2022 | 02.30 WIB Last Updated 2022-09-09T03:32:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Wamena, Mjnews.id - Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) terus mematangkan data dukung dokumen persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Upaya itu dilakukan salah satunya dengan menggelar identifikasi dan verifikasi lanjutan terhadap dokumen aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya serta Provinsi Papua. 

Adapun sejumlah aset tersebut direncanakan bakal dihibahkan serta dipinjampakaikan kepada pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. Ketua Pokja III Satgas Pengawalan DOB yang juga Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumule Tumbo menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian tahapan untuk mempersiapkan peresmian provinsi baru lebih optimal.

"Secara terintegrasi (tim) pusat, Provinsi Papua, dan kabupaten di wilayah Papua Pegunungan ini sudah melakukan langkah-langkah strategis. Persiapan peresmian setiap saat terus dioptimalkan," terang Sumule dalam keterangan persnya di Gedung Aithousa, Betlehem, Wamena, Kamis (8/9/2022).

Dia menambahkan, dalam kegiatan tersebut tim terus mematangkan sejumlah dokumen pendukung untuk peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Hal ini dilakukan agar persiapan dapat terus dioptimalkan.

Usai melakukan verifikasi tersebut, Sumule bersama tim Pokja III meninjau pemasangan plang untuk calon rumah dinas penjabat (Pj.) gubernur dan Pj. sekretaris daerah (Sekda). Selain itu, pihaknya juga meninjau sejumlah calon lokasi yang bakal digunakan untuk kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan.

Setelah agenda tersebut, Sumule juga memantau pemasangan kembali plang calon Kantor Gubernur Papua Pegunungan. Dia menjelaskan, saat ini plang tersebut telah dipasang kembali dan dijaga oleh sejumlah aparat bersenjata lengkap. Hal ini menegaskan bahwa persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan semakin matang. Karena itu, dia berharap agar jajaran Pemkab se-wilayah Papua Pegunungan semakin solid dalam menyambut peresmian provinsi baru tersebut.

"Kami berharap kepada jajaran Bupati, Sekda, dan para pihak terkait untuk betul-betul bekerja sama dalam menyambut peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Sebab ini merupakan torehan sejarah baru bagi seluruh masyarakat Papua Pegunungan," tandasnya.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update