Siap Nyapres, Gus Muhaimin Minta Restu Masyayih Ponpes Langitan
×

Adsense

Adsense Mobile

Siap Nyapres, Gus Muhaimin Minta Restu Masyayih Ponpes Langitan

Jumat, 09 September 2022 | 08.00 WIB Last Updated 2022-09-09T03:19:48Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

TUBAN, Mjnews.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) terus melakukan safari politik ke berbagai daerah. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memuluskan langkahnya maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Agar langkahnya diberikan kemudahan keberkahan, Gus Muhaimin juga berkunjung dan bersilaturahim ke berbagai tokoh dan ulama. Salah satunya dengan menghadiri Haul Akbar Muasis dan Masyayih Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, Tuban, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022). 

Gus Muhaimin mengatakan bahwa Pilpres dan Pileg 2024 merupakan langkah besar sehingga memerlukan dukungan dan doa restu dari para kiai, ulama dan masyayih. ”Kita perlu ngalap (mencari) berkah para kiai, para ulama,” ujar Gus Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI ini hadir didampingi Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Anggota DPR RI Fraksi PKB Ratna Juwita dan Farida Hidayati, Bupati Bojonegoro Ana Muawanah, Ketua DPP Lukmanul Khakim, dan jajaran DPW PKB Jatim dan DPC PKB Tuban. 

Rombongan Gus Muhaimin diterima dengan hangat oleh para masyayih Ponpes Langitan antara lain KH Ubaidillah Faqih dan Gus Ma’shum Faqih. Tampak hadir KH Munif Marzuki, KH Ali Marzuki, KH Muhammad Faqih,
KH Abdulloh Habib, KH Abdurrohman Faqih, Habib Umar Al Muthohar Semarang, dan sejumlah kiai dan habaib lainnya. Terlihat hadir pula Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin. 

Selain mendoakan para muasis dan masyayih Ponpes Langitan, Gus Muhaimin dalam kesempatan itu juga beramah tamah dengan para ulama dan habaib, serta puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah yang sama-sama hadir di acara haul untuk mendoakan para masyayih Ponpes Langitan. Para jamaah yang hadir terlihat berebut untuk menyalami cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri ini. 

Gus Muhaimin mengatakan bahwa doa dan restu para kiai selain bisa memudahkan langkahnya maju dalam Pilpres 2024, juga menjadi energi positif sehingga langkahnya bisa mendapatkan keberkahan. ”Langkah saya maju sebagai capres pada Pilpres 2024 nanti semata-mata untuk perjuangan meneruskan amanah dan cita-cita para kiai, para wali, para pendiri bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” ungkapnya. 

Keponakan Gus Dur ini mengatakan bahwa PKB memiliki historis yang panjang dengan Ponpes Langitan. Sejak berdirinya, para kiai Langitan selalu menjadi rujukan bagi PKB untuk melangkah dalam perjuangan di politik. Bahkan, menjelang Pilpres 1999 silam, para kiai sepuh NU berkumpul di Ponpes Langitan untuk mendukung dan mendoakan Gus Dur maju dalam Pilpres 1999. Pertemuan para kiai sepuh kala itu dikenal dengan istilah Poros Langitan. Gus Dur pun akhirnya melenggang sebagai Presiden ke-4 RI. 

Sementara itu, KH Ubaidillah Faqih mendoakan langkah Gus Muhaimin maju dalam Pilpres 2024 mendatang diberikan kemudahan dan keberkahan. ”Insyaallah berkah,” tuturnya. 

Haul Akbar Ponpes Langitan dihadiri puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah. Kunjungan jamaah yang membeludak hingga ke jalan raya Tuban-Surabaya ini menyebabkan kemacetan cukup parah di sekitar Ponpes Langitan. Maklum, selama dua tahun Ponpes Langitan tidak menggelar haul akbar skibat pandemi Covid-19.

(*/eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update