Tangkal Ancaman Polarisasi Bangsa, TNI AD Gelar Bincang-bincang Kebangsaan
×

Adsense

Adsense Mobile

Tangkal Ancaman Polarisasi Bangsa, TNI AD Gelar Bincang-bincang Kebangsaan

Rabu, 07 September 2022 | 16.24 WIB Last Updated 2022-09-07T09:24:04Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

JAKARTA, Mjnews.id - Sebagai upaya menangkal ancaman polarisasi bangsa, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menyampaikan paparannya  yang berjudul Reaktualisasi Nilai Kebangsaan Sebagai Upaya Mencegah Polarisasi.

Kegiatan yang dikemas dalam acara “Bincang-bincang Kebangsaan” menghadirkan beberapa pembicara  yaitu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gus Muwafiq, dan Antonius Benny Susetyo dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bertempat di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Markas Besar Angkatan Darat, Rabu (7/9/2022).

Kasad menyampaikan latar belakang perjuangan bangsa Indonesia  mulai dari kerajaan-kerajaan di nusantara hingga perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang membuktikan kebersamaan seluruh masyarakat Indonesia dengan kebhinekaannya namun tetap terbingkai dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pejuang kemerdekaan dan para pendahulu bangsa dengan segala keterbatasannya, namun didorong semangat rela berkorban dan nasionalisme yang tinggi mampu membawa bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan. Dengan kebersamaan, tidak memandang asal suku, agama dan kelompok semua bahu membahu berjuang untuk meraih kemerdekaan," ungkap Kasad.

Lebih lanjut Kasad menegaskan, perjuangan bangsa saat ini lebih berat karena selain menghadapi ancaman eksternal saat ini persatuan dan kesatuan bangsa diuji untuk menghadapi ancaman internal.

"Beban perekonomian negara sangat berat pasca Covid 19, ancaman krisis telah melanda negara-negara luar. Saya mengajak semua komponen bangsa baik pejabat, para tokoh dan mahasiswa penerus bangsa untuk berbuat terbaik demi bangsa Indonesia, " jelas Kasad.

Kasad juga menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat telah berupaya mendukung program-program pemerintah dalam membantu kesulitan masyarakat dan menyejahterakan masyarakat dengan berbagai program antara lain, ketahanan pangan, manunggal air dan mengatasi stunting.

Di hadapan para peserta yang hadir, Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga menyampaikan bahwa soliditas TNI merupakan suatu yang mutlak. Sinergitas TNI dengan berbagai komponen masyarakat harus tetap terpelihara untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

"Soliditas TNI merupakan hal mutlak dan  sinergitas TNI dengan berbagai komponen masyarakat harus tetap terpelihara sehingga jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin merusak soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, " tegas Kasad.

Adapun tema yang diusung pada acara ini yaitu, "Merajut Sinergitas Komponen Bangsa Guna Menangkal Ancaman Polarisasi Bangsa," ini dihadiri oleh tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa.

(Dispenad)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update