Tim Densus 88 Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan di Pulau Punjung Dharmasraya
×

Adsense

Adsense Mobile

Tim Densus 88 Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan di Pulau Punjung Dharmasraya

Rabu, 28 September 2022 | 19.30 WIB Last Updated 2022-09-28T12:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Tim Densus 88 Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan di Pulau Punjung Dharmasraya
Tim Densus 88 Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan di Pulau Punjung Dharmasraya. (f/eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Seminar wawasan kebangsaan dengan tema membangun Sinergitas guna mencegah penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme dalam rangka menjaga persatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan tersebut digelar oleh Tim Densus 88 A/T Mabes Polri bekerjasama dengan Yayasan Dharmasraya Islamic Forum bersama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada Rabu (28/09/2022) di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri Perwakilan Tim Densus 88 A/T Mabes Polri, dari unsur Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yaitu Kepala Kesbangpol Kabupaten Dharmasraya Asri, S.Pd, M.M, kemudian Kepala Kankemenag Kabupaten Dharmasraya, Oktoverisman, S.Ag, M.A, Kepala Baznas Kabupaten Dharmasraya Z. Lubis, selanjutnya Pembina Yayasan Dharmasraya Islamic Forum, M. Dani, S.E., Kasat Intelkam Polres Dharmasraya, AKP Hariman Fujianto, S.H., Kasat Binmas Polres Dharmasraya, Iptu Azriman, S.H, Camat Pulau Punjung Yulius, S.Sos, M.M., Kapolsek Pulau Punjung Iptu Rasfaizal, S.H, Wali Nagari Empat Koto Pulau Punjung David Iskan, kemudian Bhabinkamtibmas Nagari 4 Koto Pulau Punjung Aipda Henki Saputra dan bertindak sbagai penceramah Agama tentang Wawasan kebangsaan adalah Ustadz Dr. Ibrahim, M.A.

Selanjutnya para undangan, yang hadir dalam Seminar wawasan kebangsaan dengan tema membangun Sinergitas guna mencegah penyebaran paham intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme dalam rangka menjaga persatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Dharmasraya Islamic Forum, M. Dani mengatakan dengan adanya kegiatan ini yang dimotori dan didukung oleh Tim Densus 88 A/T Mabes Polri, sangat bermanfaat sekali bagi kami yang berada di Kabupaten Dharmasraya yang mana dengan adanya Seminar Wawasan Kebangsaan secara langsung memupuk rasa jiwa Nasionalisme serta nilai-nilai kebangsaan (4 Pilar) dalam rangka menjaga persatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Kabupaten Dharmasraya ini sebenarnya terletak di daerah selatan Provinsi Sumatera Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi serta dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang memiliki warga berbagai macam etnis yang berada di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Kabupaten Dharmasraya ini selama ini aman rukun dan damai. Beberapa waktu lalu kita dikagetkan berbagai peristiwa di antaranya terbakarnya Polres Dharmasraya oleh teroris dan beberapa bulan lalu adanya penangkapan beberapa 12 orang warga Kabupaten Dharmasraya dengan paham yang menyimpang atau yang disebut dengan NII. Kemudian ratusan orang yang diduga aliran NII melaksanakan cabut bait untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan adanya Seminar Wawasan Kebangsaan dapat memupuk rasa jiwa Nasionalisme serta nilai kebangsaan bagi seluruh warga Kabupaten Dharmasraya. Kemudian Dibutuhkannya kerja sama setiap unsur dan perannya untuk melihat serta memantau adanya paham-paham yang menyimpang yang bisa kita cegah dari awal sebelum paham tersebut berkembang lebih besar lagi.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang diwakili Kepala Kesbangpol Asri menerangkan, kami selaku perwakilan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan seminar wawasan kebangsaan dengan tema membangun sinergitas guna mencegah penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme dalam rangka menjaga persatuan demi keutuhan NKRI.

Kemudian dengan adanya, Yayasan Dharmasraya Islamic Forum, bisa membantu dan memonitor kegiatan kemasyarakat dan kebangsaan NKRI, demi persatuan dan kesatuan serta amanah serta ketertiban di kabupaten Dharmasraya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Pulau Punjung, Yulius mengatakan, kami selaku Pemerintah Kecamatan Pulau Punjung sangat berterimakasih kepada Tim Densus 88 A/T yang selama ini, kami tidak tahu aliran yang dilarang. Dengan adanya peristiwa beberapa bulan lalu, kami lebih waspada dan berhati-hati dengan adannya aliran yang dilarang oleh Pemerintah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Densus 88 yang telah membangun atau mendirikan Yayasan Dharmasraya Islamic Forum di Kabupaten Dharmasraya dan pada hari ini telah mengadakan kegiatan Seminar wawasan kebangsaan dengan tema membangun Sinergitas guna mencegah penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme dalam rangka menjaga persatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucap Camat Pulau Punjung Yulius pada kegiatan tersebut.

(eko)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update