Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Imigrasi Jakbar Gelar Rapat Koordinasi Timpora
×

Adsense

Adsense Mobile

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Imigrasi Jakbar Gelar Rapat Koordinasi Timpora

Rabu, 21 September 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-09-21T03:10:07Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Imigrasi Jakbar Gelar Rapat Koordinasi Timpora
Imigrasi Jakbar Gelar Rapat Koordinasi Timpora. (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat (Jakbar) menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).

Rapat Timpora ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, didampingi Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat, Wahyu Eka Putra, di Hotel Mercure Jakarta Batavia. 

Acara ini mengusung tema Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Agen Intelijen untuk Memberikan Informasi Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat.

Kakanwil mengatakan, keadaan Indonesia saat ini sedang fokus terhadap pemulihan ekonomi nasional, khususnya melalui pemberian kemudahan bagi investor asing maupun wisatawan mancanegara untuk masuk ke wilayah Indonesia. Hal itu tentunya dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan untuk negara. 

"Kemudahan yang diberikan kepada investor asing maupun wisatawan mancanegara untuk masuk ke wilayah Indonesia tersebut juga berdampak terhadap tingginya jumlah orang asing yang masuk dan berkegiatan di wilayah Indonesia," ujar Ibnu.

Untuk itu, dia meminta agar pengawasan keimigrasian bagi orang asing perlu ditingkatkan untuk menjaga kedaulatan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimana pengawasan keimigrasian terhadap orang asing tidak hanya dilakukan oleh anggota Tim Pengawasan Orang Asing saja, melainkan juga oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap, kegiatan TIMPORA ini kita dapat mendiskusikan bersama upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai agen intelijen untuk memberikan informasi keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat ini, tutur Ibnu.

Kakanim Jakarta Barat Wahyu Eka Putra berharap melalui Rapat Koordinasi ini, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Orang Asing semakin meningkat, dan menjadi wadah yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dalam penyelenggaraan kegiatan Rapat Koordinasi ini, output yang diharapkan adalah meningkatnya peran aktif dan kesadaran hukum masyarakat untuk memberikan informasi terkait keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat. Semoga kegiatan ini dapat dimanfaaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta kegiatan sehingga dapat menghasilkan manfaat yang baik bagi kita semua,” ucap Wahyu.

Pada pembahasan rapat, acara inti digelar dengan narasumber Hamdan Muhammad Al Amin selaku Kepala Subbidang Intelijen Keimigrasian pada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dan Mohamad Matsani selaku Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat. 

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Walikota Jakarta Barat, Bakesbangpol, serta para Camat dan Lurah di Wilayah Jakarta Barat.

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update