Wako Padang Panjang Buka Festival Pemuda Serambi Mekkah
×

Adsense

Adsense Mobile

Wako Padang Panjang Buka Festival Pemuda Serambi Mekkah

Minggu, 04 September 2022 | 07.00 WIB Last Updated 2022-09-04T10:52:38Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Festival Pemuda Serambi Mekkah
Wako Padang Panjang, Fadly Amran dalam Festival Pemuda Serambi Mekkah. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano membuka Festival Pemuda Serambi Mekkah yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) berkolaborasi dengan Organisasi Kepemudaan (OKP), di Medan Nan Bapaneh PDIKM, Sabtu (3/9/2022).

Wako Fadly mengatakan, Festival Pemuda Serambi Mekkah ini mencirikan kebudayaan dan jati diri sebagai orang Minangkabau khususnya di Padang Panjang sebagai masyarakat Serambi Mekkah. Serta bagaimana pemuda bisa benar-benar mengangkat Kota Serambi Mekkah terintegrasi di segala lini.

“Saya yakin tanpa jati diri pemuda Indonesia itu tidak akan pernah bersinar. Kaya itu bukan karena banyaknya mobil yang kita punya, tapi kita kaya karena jati diri kita. Apa saja jati diri kita? Yang pertama yaitu sebagai masyarakat Minangkabau, kedua bagaimana prinsip yang betul-betul berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Ini yang harus kita perlihatkan,” ujarnya.

Fadly juga mengapresiasi KNPI yang sudah mencoba meng-guide seluruh lapisan dari anak-anak muda yang pada hari ini melaksanakan perlombaan. 

“Apapun itu, ini akan mengasah kebisaan kita dan mengasah jiwa kompetitif yang saya rasa penting dimasa-masa sekarang. Bagaimana globalisasi ini menuntut kita untuk bersaing ke arah yang positif, dan bersaing memperlihatkan kebisaan kita sesama anak muda,” tuturnya lagi.

Festival Pemuda Serambi Mekkah ini melaksanakan perlombaan di antaranya, Orasi Kebangsaan Adat dan Budaya dan Lomba Uni Basiba Muslimah. Diikuti pelajar setingkat SLTA dari Padang Panjang, Batipuah dan X Koto.

Ikut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. M. Ali Thabrani, M.Pd, Forkopimda, Ketua KNPI Tanah Datar dan pengurus, serta undangan lainnya.

(tia/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update