Warga Sekitar PT WSM Way Kanan Resah, Pabrik Timbulkan Polusi Udara
×

Adsense

Adsense Mobile

Warga Sekitar PT WSM Way Kanan Resah, Pabrik Timbulkan Polusi Udara

Jumat, 16 September 2022 | 06.45 WIB Last Updated 2022-09-15T23:48:03Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

PT. Waykanan Sawitindo Mas
Lokasi PT. Waykanan Sawitindo Mas. (f/ist)

Way Kanan, Mjnews.id - Masyarakat Kampung sekitar PT. Waykanan Sawitindo Mas (PT. WSM) yang merupakan pabrik pengolahan buah sawit merasa resah, pasalnya aktivitas pabrik dekat pemukiman mereka menimbulkan polusi udara hingga masuk sampai ke dalam rumah penduduk.

PT. WSM yang berlokasi di pinggir jalan  Lintas Sumatera tepatnya di Kampung Tj. Raja Sakti, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung tersebut hampir setiap hari beraktivitas dan mengeluarkan kepulan asap berwarna hitam dari cerobongnya hingga menimbulkan bau yang tak sedap.

Salah seorang warga sekitar berinisial R mengaku mereka sangat terganggu dengan aktivitas pabrik tersebut, dimana kesehatan warga, khususnya anak-anak dan orang tua terdampak langsung karena setiap hari harus menghirup asap pabrik tersebut.

“Selama ini kami tak merasa aman dengan kesehatan. Kami minta pemerintah bantu warga di sini,” ujarnya, Kamis (15/09/2022).

Menurutnya, selain bau asap yang kerap mereka hirup, kondisi rumah juga setiap hari penuh dengan debu. Hal ini menambah pekerjaan rumah warga karena setiap hari harus bersih-bersih.

“Kami susah istirahat, selama ini kami paksa aja bingung mau ngadu kemana kami, kami berharap agar pabrik itu tak terus menyebarkan polusi,” katanya.

Sementara itu hingga saat ini belum ada dari pihak perusahaan yang bisa dimintai keterangan terkait hal tersebut, seolah-olah pihak perusahaan menutup sebelah mata.

Kepulan asap berwarna hitam dari cerobong pabrik PT WSM
Kepulan asap berwarna hitam dari cerobong pabrik PT WSM. (f/ist)

Hal tersebut dapat menimbulkan kecurigaan tentang legalitas perusahaan tersebut, terlebih lagi awak media tidak diberikan informasi publik tentang izin perusahaan tersebut kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Way Kanan.

Masyarakat berharap kepada pihak terkait yaitu, Dinas Lingkungan Hidup, DPMPTSP dan juga Aparat Penegak Hukum bisa segera menindak perusahaan yang sudah meresahkan tersebut.

(Tim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update