18 Calon Dirjen Imigrasi Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

18 Calon Dirjen Imigrasi Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang

Jumat, 21 Oktober 2022 | 18.30 WIB Last Updated 2022-10-21T11:35:50Z

Advertisement

Advertisement

JAKARTA, Mjnews.id - 18 orang calon Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi dari kalangan non Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seleksi ini dilakukan dengan cara penulisan makalah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, mengatakan tahapan ini penting untuk mengetahui sejauh mana kompetensi kandidat dalam bidang imigrasi.

"SKB berupa penulisan makalah mengukur kompetensi para peserta tentang bidang yang dilamar, yaitu keimigrasian. Apalagi tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang berkembang dari waktu ke waktu," ucap Andap, Jumat (21/10/2022) di gedung Kemenkumham.

Andap menjelaskan penulisan makalah ini menuntut ketajaman analisis dan inovasi peserta terkait layanan imigrasi. 

Dalam seleksi ini, peserta hanya boleh menggunakan laptop yang disediakan panitia. Seleksi bersifat "closed book" sehingga peserta dilarang mencari referensi dari media apapun.

"Peserta tidak boleh menggunakan HP, internet, USB, catatan, atau media lainnya dalam penulisan makalah. Murni kesiapan dan kompetensi bidang yang mereka miliki," lanjutnya.

Sebelum memulai seleksi berdurasi tiga jam ini, perwakilan peserta terlebih dahulu melakukan undian tema makalah. Dari tiga tema yang disiapkan panitia, terpilih tema Penguatan Ditjen Imigrasi dalam mewujudkan rencana strategis Kementerian Hukum dan HAM 2020-2024.

"Semua peserta menggunakan tema yang sama. Namun memilih judul, pembahasan, serta analisis secara individu," jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti SKB telah lulus seleksi administrasi. Dari 30 orang yang lulus seleksi administrasi, sejumlah 18 orang yang hadir pada SKB. Sedangkan 12 lainnya tidak hadir.

Berikut adalah ke-18 peserta yang mengikuti seleksi SKB: 
1. Silmy Karim,
2. Dorry Sonata
3. Leonardo Sipayung
4. Denny Iskandar 
5. Adhi Sri Kuncoro Harimawan 
6. James Willem Victor Woisiri 
7. Titiek Susiana S 
8. Budi Purwanto 
9. Adi Suminto 
10. Muhammad Sharif Abdul Rahman 
11. Berman Agust Budiman Siregar 
12. Muhammad Rahmad 
13. Jaya Santoso
14. Andi Syafrani
15. Budi Aryanto
16. Heru Kustiyono
17. Uyan Setiawan Askam
18. Antonius Krismawan

Tahapan selanjutnya yang harus diikuti oleh peserta adalah seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural, yang dilanjutkan dengan wawancara.

Sebelumnya, Kemenkumham telah membuka seleksi jabatan Dirjen Imigrasi untuk kategori PNS, TNI, dan Polri. Peserta dalam kategori ini tengah bersiap menghadapi tahapan wawancara. Seluruh informasi terkait proses seleksi jabatan Dirjen Imigrasi dapat dilihat di web pansel.kemenkumham.go.id

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update