Bantu Warga Kehabisan Bensin, Aksi Anggota Lantas Polres Solok Kota Tuai Pujian
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Bantu Warga Kehabisan Bensin, Aksi Anggota Lantas Polres Solok Kota Tuai Pujian

Senin, 03 Oktober 2022 | 13.00 WIB Last Updated 2022-10-03T08:05:42Z

Advertisement

Advertisement

Anggota Lantas Polres Solok Kota bantu warga kehabisan bensin
Anggota Lantas Polres Solok Kota bantu warga kehabisan bensin. (f/billy)

Kota Solok, Mjnews.id - Beragam pujian dari warganet mengalir terhadap anggota Satuan Lalulintas Solok Kota yang membantu warga kehabisan bensin saat Lalu Lintas super sibuk.

Aksi tersebut dilakukan oleh salah seorang personel Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Solok Kota. Bripka Agung Purwanto mendorong motor salah satu warga yang kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di dekat Tugu Carano depan Taman Syech Kukut Kota Solok menjadi perbincangan.

Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (28/9/2022). Tidak hanya membantu mendorong sepeda motor, Bripka Agung juga membelikan BBM warga, bahkan menghidupkan kembali sepeda motor warga tersebut.

Meski dilihat puluhan pasang mata di pagi itu, namun tak satupun warga maupun personel kepolisian dan Dishub yang sempat mengabadikan momen tersebut. Beberapa warga yang sempat melihat peristiwa humanis tersebut, seakan tertegun melihat hal itu.

"Tadi saya sempat melihatnya, tapi tak sempat memotret. Apalagi, saat itu kondisi lalu lintas cukup ramai dan sibuk. Personel satunya lagi (rekan Bripka Agung) juga sedang sibuk mengatur lalu lintas," ungkap salah seorang warga.

Kasat Lantas Polres Solok Koya AKP Muhammad Sugindo, S.IK, yang juga mendengar kabar tersebut, mengapresiasi tindakan dari personel tersebut. Menurut Sugindo, tindakan personel tersebut ditujukan untuk menghindari bahaya yang lebih besar. Karena saat itu lalu lintas cukup ramai.

"Sebetulnya spontan saja tadi anggota pas tugas pengaturan pagi, ada warga yang motornya kehabisan minyak. Jadi dibantu ditepikan sama anggota Lantas. Terus dibelikan minyak untuk motornya. Karena kan bahaya juga kehabisan minyak dan berhenti di tengah jalan. Bahaya untuk pengendara itu sendiri dan bahaya juga untuk pengendara lain," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan, S.Si, M.Sc, M.Si, saat dikonfirmasikan hal ini, mengaku sangat gembira dengan tindakan tersebut. Menurutnya, hal ini sangat layak menjadi contoh bagi personel Polres Solok Kota dan pembuktian humanisme kepolisian kepada masyarakat. Mantan pejabat Interpol Mabes Polri tersebut mengatakan komitmen pengabdian dimulai dari hal-hal sederhana.

"Saya sangat senang jika ada personel yang melakukan tindakan seperti ini. Komitmen dimulai dengan hal-hal kecil dan sederhana tapi bernilai. Saya ingin seluruh personel menyatu secara humanis dengan masyarakat. Dekat dengan masyarakat dan menjadi bagian dari perkembangan kehidupan masyarakat. Sesuai dengan jargon Presisi (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan), yang sebelumnya Promoter (profesional, modern dan tepercaya), benar-benar terwujud," ujarnya.

AKBP Ahmad Fadilan mengajak seluruh personel Polres Solok Kota untuk selalu berbuat kebaikan setiap hari ke masyarakat binaannya. Menurutnya, kebaikan dan komitmen senantiasa dimulai dari hal-hal kecil. Ibarat pepatah, perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

"Perjalanan ribuan mil dimulai dari satu langkah pertama. Apapun yang akan terjadi di masa depan atau hal-hal yang besar di hidup ini, pasti dimulai dari hal yang kecil. Dan satu langkah pertama itu memang sulit. Jangan pernah sepelekan hal kecil. Karena hal besar berawal dari satu tindakan kecil, tapi dengan komitmen yang kuat. Yakni berbuat baik ke masyarakat," ungkap AKBP Ahmad Fadilan.

(Billy)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update