Bukit Surungan Penuh Prestasi, LPM Terbaik di Sumbar, Kader Posyandu Juara II
×

Adsense

Adsense Mobile

Bukit Surungan Penuh Prestasi, LPM Terbaik di Sumbar, Kader Posyandu Juara II

Jumat, 14 Oktober 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-10-13T22:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Asrul saat penilaian LPM Kelurahan Bukit Surungan
Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul saat penilaian LPM Kelurahan Bukit Surungan. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bukit Surungan (Busur) ditetapkan sebagai juara l atau LPM Kelurahan terbaik di Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, kader Posyandu Kamboja, Nurul Hidayah meraih peringkat II se-Sumbar.

Hal ini dipastikan dari surat pemberitahuan gubernur Sumatera Barat yang disampaikan ke Pemko Padang Panjang, Kamis (13/10/2022).

Dalam surat Nomor 411.2/854/DPMD-2022 itu disebutkan LPM Busur berada di peringkat I telah ditetapkan melalui SK Gubernur Sumbar 411.4-714-2022 pada 28 September lalu. Sebagai juara II, LPM Lembah Segar, Kota Sawahlunto dan juara III LPM Nunang Daya Bangun Kota Payakumbuh.

Atas prestasi LPM dan kader posyandu ini, Wali Kota, H. Fadly Amran turut bangga dan bersyukur. Dikatakannya, keberhasilan tersebut menjadi buah dari kolaborasi dan kerja sama yang baik yang sudah terjalin dan terealisasi selama ini.

“Alhamdulillah, ini bukti nyata dari kerja sama yang kita jalani selama ini,” sebut Fadly.

Meskipun sudah berhasil menjadi juara, lanjut Fadly, jangan terlalu cepat berpuas diri. "Teruslah kembangkan kerja sama untuk menggapai hasil-hasil terbaik lainnya," imbau Fadly.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Padang Panjang, Dr. H. Novi Hendri, S.E, M.Si Datuak Bagindo Saidi menyebutkan, capaian prestasi Busur ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain. 

"Hasil ini memang layak kita dapatkan, karena memang LPM Busur memiliki potensi yang luar biasa. Masyarakatnya aktif, LPM-nya inovatif, dan banyak program program yang sudah dilakukan untuk masyarakat," ucap Novi.

Selain itu, Novi mengatakan ini juga merupakan salah satu keberhasilan dari Pemko di bawah kepemimpinan Wako Fadly dan Wawako Asrul serta dinas terkait 

"Dengan hasil ini, LPM Busur bisa menjadi contoh bagi LPM lain agar bisa sama-sama memberikan program terbaik untuk pemberdayaan masyarakat. LPM kelurahan lain pun bisa menjadi LPM terbaik tingkat provinsi maupun tingkat nasional," tuturnya.

DPD LPM, katanya, akan terus melakukan pembinaan kepada LPM tingkat kelurahan untuk menghadapi penilaian-penilaian berikutnya. Dan berharap predikat LPM terbaik ini bisa terus dipertahankan oleh Kota Padang Panjang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengatakan sebagai LPM terbaik, LPM Busur diberi reward Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumbar berupa studi implementasi dan koordinasi pelaksanaan upaya pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat ke salah satu LPM terbaik di Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara itu, Lurah Busur, Ryan Afrinaldi, A.Md menyebutkan, dua prestasi ini tidak terlepas dari peran dan dukungan warga kelurahan yang turut andil dan bersemangat, saling kerja sama serta berpartisipasi di kedua lomba tersebut. 

"Semoga ini menjadi pemicu bagi warga kelurahan untuk mengembangkan inovasi dan potensi yang ada di kelurahan, berbasis ekonomi kemasyarakatan," katanya.

Ketua LPM Busur, Akmal S.T menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih. Dijelaskannya, penilaian dilakukan dengan dua tahapan. Diawali tahapan administrasi yang dilakukan minggu pertama Agustus. Sehingga mendapatkan enam nominator teratas.

"Penilaian LPM tersebut bertujuan guna melihat langsung aktivitas pemberdayaan masyarakat. Mulai dari perencanaan. Kemudian sampai di mana LPM memberdayakan masyarakat. Semoga LPM sebagai mitra pemerintah terus memberikan andilnya dalam pembangunan, menggerakkan gotong royong di tengah masyarakat," tuturnya.

(dega/haris)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update