Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus Perwata Jabodetabek
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus Perwata Jabodetabek

Minggu, 30 Oktober 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-10-30T15:50:16Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus Perwata Jabodetabek
Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus Perwata Jabodetabek. 9f/prokopim)

Jakarta, Mjnews.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra selalu menegaskan dibeberapa kesempatan, termasuk saat Silaturahmi dan Pengukuhan Persatuan Warga Tanjung Alam (Perwata) Jabodetabek, Minggu (30/10/2022) di ballroom Ambhara Hotel Jakarta, bahwa perantau merupakan salah satu pilar pembangunan di Tanah Datar, dimana perantau terbukti turut membantu dan mendorong percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Perantau dimanapun berada telah berkontribusi besar melalui ide, pemikiran, karya nyata dan materil. Perantau merupakan kekuatan besar dalam mendukung program pemerintah daerah, karena itu besar harapan kami seluruh perantau bersama-sama memberikan perhatian lebih ke kampung halaman," kata Bupati Eka. 

Dikatakan Eka lagi, ada satu hal yang menjadi harapan besar kepada para perantau yang ada di seluruh Indonesia, yakni dihimbau untuk memanfaatkan secara maksimal lahan pertanian dan perkebunan miliknya yang ada kampung halaman. "Data lahan tidur ataupun terlantar di Tanah Datar seluas 30.445 hektar atau 28,46% dari 106.954 hektar luas penggunaan lahan pertanian. Karena itulah, Saya berharap perantau yang memiliki lahan di kampung halaman untuk memaksimalkannya dengan cara memberikan kepercayaan kepada orang di kampung untuk mengolah, seperti untuk bertanam cabai, bawang, jagung ataupun lainnya, dan diharapkan juga menggunakan pupuk organik," katanya. 

Hal itu perlu dilakukan, tambah Bupati lagi, untuk mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Tanah Datar agar perekonomian masyarakat juga baik. "Beberapa waktu lalu, Tanah Datar menjadi Kabupaten Terbaik di Wilayah Sumatra dalam pengendalian inflasi dengan menerima penghargaan TPID Award. Salah satu langkah perantau turut mendukung pengendalian inflasi ini yaitu mengolah lahannya yang ada di kampung halaman," sampainya. 

Selain sektor pertanian, tambah Eka, bidang pariwisata menjadi andalan Tanah Datar dalam memberikan pemasukan daerah, karena itu juga dibutuhkan dukungan semua pihak termasuk perantau. "Tanah Datar Sumber Daya Tambang seperti daerah lain, namun Tanah Datar dianugerahi kekayaan alam yang indah dan keberagaman budaya yang sangat menarik. Karena itu Pemerintah Daerah telah memiliki Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event untuk memacu semangat nagari untuk menggelar keunggulan wisata dan kebudayaan khas nagarinya," sampainya. 

Terkait pengukuhan Perwata Jabodetabek, Bupati Eka menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada segenap panitia yang telah menggagas melaksanakan acara ini. "Selamat kepada yang dilantik, terima kasih kepada panitia atas undangannya, Semoga Perwata sebagai organisasi perantau kita semakin jaya dan menjadi wadah pemersatu sesama perantau maupun dengan kampung halaman," katanya. 

Atas nama pemerintah daerah, Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh masyarakat Tanjung Alam maupun Barulak, yang telah hibahkan tanahnya untuk membangun jalan. 

"Saya sangat apresiasi sekali masyarakat Tanjung Alam ataupun Barulak yang telah hibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan, ini hal luar biasa dan patut diapresiasi serta menjadi contoh daerah lain. Tentunya Pemerintah Daerah akan terus melaksanakan berbagai program pembangunan lain ke depannya di daerah ini,tentu butuh dukungan dan support semua pihak, termasuk perantau seperti bapak," tukasnya. 

Sebelumnya ketua pelaksana Juanda menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar, Dirut Inn Journey BUMN Dony Oskaria, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Wali Nagari beserta KAN Tanjung Alam dan undangan lainnya. "Terima kasih kehadiran pak Bupati bersama rombongan dan undangan lainnya. Mohon maaf kalau ada kekurangan. Terima kasih juga dukungan semua pihak, panitia dan Bapak ibuk tokoh di rantau yang telah membantu moril atau materil," katanya. 

Juanda menambahkan, Pengurus Persatuan Warga Tanjung Alam (Perwata) Jabodetabek akan dikukuhkan Bupati Tanah Datar yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Silaturahmi dan hiburan artis minang Upiak Isil, Ratu Sikumbang dan An Roys. "Kegiatan ini mengusung tema Bersatu Kito Bangkit, Dari Rantau Perwata Membangun Nagari, dan Pengurus yang dikukuhkan untuk periode 2022-2026," sampainya. 

Ketua Perwata Winda Lorita juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dan panitia sehingga pelaksanaan pengukuhan dapat berjalan lancar dan sukses. "Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan sukses berkat dukungan dan kerjas keras semua pihak. Pengukuhan ini tindaklanjut SK Wali Nagari yang meminta perantau Tanjung Alam untuk menggunakan nama Perwata sebagai nama paguyuban yang sebelumnya bernama Forkota dan beberapa nama lain," sampainya. 

Sementara Wakil Ketua DPRD Anton Yondra menyampaikan, apresiasi atas telah meleburnya nama Paguyuban Tanjung Alam menjadi satu nama Perwata. "Alhamdulillah, telah cukup banyak daerah yang telah mengukuhkan kepengurusan Perwata, ini menandakan kekompakan warga Tanjung Alam yang memang hampir separuhnya berada di perantauan," sampainya.

Dan memang, tambah Anton, Nagari Tanjung Alam sangat tergantung terhadap bantuan dari para perantau. "Banyak pembangunan yang dilaksanakan di kampung halaman, tanpa bantuan perantau tentunya itu tidak bisa dilaksanakan," ujarnya.

Anton juga mengungkapkan, telah banyak pembangunan dilaksanakan di Nagari Tanjung Alam bantuan Pemerintah Daerah, seperti SD, Puskesmas dan jalan-jalan lingkungan, namun jalan lintas tanggungjawab provinsi tolong dilanjutkan. "Memang jalan lintas di Tanjung Alam tanggungjawab Provinsi, besar harapan kami pak Bupati menyampaikan ke Provinsi untuk melanjutkan pembangunan jalan yang ada di Nagari Tanjung Alam," harap Anton. 

Seterusnya Dirut In Journey BUMN Dony Oskaria yang merupakan putra asli Nagari Tanjung Alam mengatakan keberadaan Perwata tidak hanya memberikan dampak sosial, namun juga memberikan dampak ekonomi. "Melalui In Journey BUMN yang salah satunya bergerak di bidang pariwisata, tentu memiliki potensi untuk dimanfaatkan, seperti pemasaran hasil UMKM Nagari Tanjung Alam, dan Saya siap untuk membantu dan bersinergi, silahkan Perwata datang bersilaturahmi ke kantor Saya," sampainya. 

Di kesempatan itu, Pengurus Perwata Jabodetabek dikukuhkan Bupati Eka Putra dilanjutkan dengan penyerahan bendera Perwata kepada ketua terpilih. Dan selepas acara resmi dilanjutkan hiburan dari Ratu Sikumbang dan KIM Upiak Isil. 

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update