Cegah Stunting, Ketum TP PKK Salurkan Sembako di Depok
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Cegah Stunting, Ketum TP PKK Salurkan Sembako di Depok

Rabu, 19 Oktober 2022 | 12.00 WIB Last Updated 2022-10-19T09:22:51Z

Advertisement

Advertisement

Tri Tito Karnavian Salurkan Sembako di Depok
Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Salurkan Sembako di Depok, Jawa Barat. (f/kemendagri)

Depok, Mjnews.id - Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian memberikan bantuan pemerintah berupa sembako dan makanan serta suplemen bergizi kepada ibu hamil, balita, lansia, dan disabilitas di Kecamatan Cilodong, Depok. Kegiatan ini merupakan salah satu aksi nyata untuk mendukung program pemerintah utamanya dalam mempercepat penurunan angka stunting.

"Pemberian bantuan pemerintah ini dalam rangka menyambut Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022. Kegiatan ini sengaja kami pilih dengan berbagai pertimbangan, antara lain bahwa kita semua masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda secara penuh," ungkap Tri dalam sambutannya di Kantor Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut disampaikan Tri, selama hampir tiga tahun masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Kondisi berdampak terhadap sektor ekonomi dan melemahnya daya beli masyarakat. Karena itu, pemberian bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.

"Selain itu, beberapa hari lagi, kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, yang perlu kita ambil hikmah semangatnya, yakni saling membantu dan berbagi, khususnya berbagi dalam pemenuhan gizi bagi ibu hamil, ibu dengan balita, lansia, serta penyandang disabilitas. Dan tentu saja, kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya nyata pengelolaan 10 program pokok PKK," urai Tri.

Di sisi lain, lanjut Tri, pemberian bantuan ini merupakan kegiatan awal yang diharapkan dapat terus berkembang pada kesempatan berikutnya dengan cakupan daerah yang lebih luas dan merata.

"Tim Penggerak PKK Pusat berketetapan melaksanakan kegiatan ini, karena dari pengalaman yang ada, telah membuktikan bahwa TP PKK Pusat dan daerah senantiasa dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra-mitra kerja PKK, yakni melakukan upaya nyata pemberdayaan keluarga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat secara terstruktur," papar Tri.

Tri mengatakan, pengalaman nyata seperti inilah yang membulatkan tekad TP PKK untuk melakukan kegiatan pemberian bantuan pemerintah.

"Tentu saja kegiatan pemberian bantuan ini tidak sekadar membagi-bagikan sembako semata. Tetapi selalu ada aspek mengedukasi masyarakat, yakni memberikan pemahaman kepada setiap keluarga untuk tahu, mau, dan mampu menolong dirinya sendiri menuju kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih sejahtera," tutunya.

Atas dasar itu pula, kegiatan tersebut dirancang dengan melibatkan kader PKK yang merupakan lini terdepan di masyarakat. Nantinya diharapkan, para kader dapat melakukan pendampingan secara intensif kepada keluarga-keluarga yang menjadi kelompok sasaran binaan. 

"Perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri, Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat dan Kota Depok, segenap mitra kerja Tim Penggerak PKK, dan kader-kader PKK atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan aksi nyata ini bermanfaat bagi upaya kita bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga-keluarga di Indonesia," pungkas Tri.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Chaerul Dwi Sapta, Pengurus TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida beserta para pengurus TP PKK Kota Depok, Ketua Bidang IV TP PKK Jawa Barat dr. Siska Gerfianti mewakili Ketua TP PKK Jawa Barat, beserta pengurus TP PKK Jawa Barat.

Kemudian hadir pula Staf Ahli Wali Kota Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan Muhammad Fitriawan mewakili Wali Kota Depok, Kapolsek Sukmajaya Kompol Mubarak beserta istri Meltha Mubarak, Danramil 03 Sukmajaya Kapten Infantri Iswardi, Camat Cilodong Bambang Eko, Ketua TP PKK Kecamatan Cilodong Lili Suryani Bambang, kader TP PKK Kecamatan Cilodong, serta para lurah di Kecamatan Cilodong dan 

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update