Cuaca Buruk Sebabkan Longsor, Banjir hingga Pohon Tumbang di Kebumen
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Cuaca Buruk Sebabkan Longsor, Banjir hingga Pohon Tumbang di Kebumen

Kamis, 13 Oktober 2022 | 15.00 WIB Last Updated 2022-10-13T08:23:17Z

Advertisement

Advertisement

Kebumen, MJNews.id - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kebumen menyebabkan longsor dan banjir di berbagai daerah. Di Desa/Kecamatan Karanggayam, tepatnya di Dukuh Kaliterus longsor sempat menutup bahu jalan utama.

Longsor di jalan penghubung Kecamatan Karanganyar-Karangsambung itu diketahui warga terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis 13 Oktober 2022.

Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, mengatakan meski sempat mengalami lumpuh kini jalan sudah bisa dilalui. 

"Sudah dibersihkan material longsor di Desa Karanggayam. Polsek, Koramil bersama dengan warga, pagi tadi kerja bakti menyingkirkan tanah dan lumpur di jalan. Kini sudah bisa dilewati," jelas Aiptu Catur. 

Selanjutnya banjir melanda beberapa titik di Kecamatan Ayah. Di Desa Kedungweru, banjir hingga mencapai ketinggian kurang lebih 30 Cm. Banjir juga masuk ke beberapa rumah warga.

Masih di Kecamatan Ayah, di Desa Demangsari banjir setinggi 20 cm melanda Desa tersebut. Beberapa rumah warga juga dilaporkan terendam bajir pada peristiwa itu.

Melalui personel Polsek serta Bhabinkamtibmas yang ada, Polres Kebumen melakukan pemantauan di sekitar lokasi banjir di Ayah, serta membagikan bantuan sosial kepada warga terdampak. 

Lain halnya di Desa Banjurmukadan Kecamatan Buluspesantren, hujan lebat disertai angin menyebabkan pohon jati tumbang menimpa rumah warga.

Rumah milik Moch Hasyim Khamidi (62) dilaporkan mengalami kerusakan pada bagian atap setelah tertimpa pohon jati dengan ukuran lumayan besar.

Peristiwa itu terjadi pada hari Rabu tanggal 12 oktober 2022, sekitar pukul 23.00 WIB. Dari peristiwa itu pula, mengakibatkan listrik PLN dipadamkan untuk menghindari hal yang berbahaya. 

Meski tak ada korban jiwa, korban diperkirakan mengalami kerugian materiil kurang lebih 2 juta Rupiah. 

"Polsek bersama dengan TNI, Kecamatan Buluspesantren, Perangkat Desa, hingga warga melakukan gotong royong ikut membersihkan puing-puing akibat dari pohon tumbang," ungkap Aiptu Catur. 

Adanya cuaca buruk akhir-akhir ini, Polres Kebumen mengimbau kepada seluruh masyarakat Kebumen agar waspada kemungkinan terjadi bencana alam seperti di daerah-daerah lain.

(Dana/Angga)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update