Danramil dan Kapolsek Kutoarjo Hadiri Pelatihan Tenaga Keamanan Desa Tepus Kulon
×

Adsense

Adsense Mobile

Danramil dan Kapolsek Kutoarjo Hadiri Pelatihan Tenaga Keamanan Desa Tepus Kulon

Jumat, 07 Oktober 2022 | 15.41 WIB Last Updated 2022-10-07T08:41:01Z

Advertisement

Advertisement

Purworejo, MJNews.id - Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota Linmas, Pemerintah Desa Tepus Kulon, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Tenaga Keamanan Desa, Jumat (7/10/2022).

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Tepus Kulon dan dihadiri Danramil 05 Kutoarjo Kapten Chb Stefanus Sunarno, Kapolsek Kutoarjo AKP Kuat, Kepala Desa Tepus Kulon, H. Suroto, Babinsa dan Babinkamtibmas serta petugas pendamping desa.

Tujuan kegiatan pelatihan tenaga keamanan ini adalah guna mengoptimalkan keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat.Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif kepada masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas pada saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Satuan Linmas menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa ditengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat dalam menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa.

Kapolsek Kutoarjo, dalam sambutannya mengatakan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : meningkatnya kualitas SDM,menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis dan kesiap-siagaan dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum serta meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat.

Kapolsek juga menyampaikan, pembinaan dan pembekalan bagi anggota Satlinmas juga mempunyai tujuan dan persiapan menghadapi musim penghujan tahun 2022.


Sementara Danramil 05 Kutoarjo Kapten Chb Stefanus Sunarno menambahkan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas, seperti tadi yang disampaikan Pak Kapolsek itu sangat penting bagi peserta pelatihan agar nantinya di dalam melaksanakan tugas selalu ingat dan memperhatikan lima point yang diajarkan dalam pelatihan ini.

Bhabinkamtibmas Polsek Kutoarjo, Aipda Abdul khoir dan Babinsa Koramil Kutoarjo Serda Dirlly berharap sinergitas antar lembaga serta instansi keamanan harus selalu dijaga, selalu ada komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan tugas pengamanan masyarakat, sehingga penanganan masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Kepala Desa Tepus Kulon, H. Suroto berharap, kedepannya tidak ada kejadian gangguan keamanan yang menonjol di Desa Tepus Kulon khususnya dan wilayah Kecamatan Kutoarjo pada umumnya. 

"Kendati demikian, anggota linmas diminta harus tetap waspada terhadap situasi keamanan menjelang musim hujan tahun 2022," harapnya.

Dengan pembekalan materi teori dan praktik diharapkan mereka bisa lebih terampil dalam melaksanakan tugasnya.

(fix)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update