Ditjen Otda Kemendagri Kunjungi UPTD dan Fasilitasi Pembentukan OPD di Papua Selatan
×

Adsense

Adsense Mobile

Ditjen Otda Kemendagri Kunjungi UPTD dan Fasilitasi Pembentukan OPD di Papua Selatan

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 11.00 WIB Last Updated 2022-10-08T09:04:10Z

Advertisement

Advertisement

Moh. Yuliarto
Moh. Yuliarto. (f/kemendagri)

Merauke, Mjnews.id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan kunjungan ke berbagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sekaligus memfasilitasi pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Papua Selatan. Dua agenda besar tersebut dilaksanakan secara bertahap dari tanggal 1 hingga 7 Oktober 2022. 

Analis Kebijakan Ahli Madya pada Subdirektorat Wilayah IV Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah (FKKPD) Ditjen Otda Kemendagri, Moh. Yuliarto mengatakan, lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota. Kunjungan ini untuk mengetahui eksistensi PLBN sebagai bahan pertimbangan dalam pembentukan Badan Pengelola Perbatasan Daerah di Pemerintah Provinsi Papua Selatan. 

“Beberapa tempat yang kita kunjungi satu, kalau di urut waktu ya, kita datang pertama itu hari Minggu kita manfaatkan. Waktu itu kita ke PLBN Sota. Itu kan memang kantor pusat (vertikal) ya, di bawah BNPP,” katanya di Hotel Halogen Merauke, Jumat (7/10/2022). 

Kemudian Ditjen Otda juga mengunjungi beberapa UPTD. Kunjungan ini salah satunya ke Kantor Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua. Setelah itu, tim mengunjungi Kantor UPTD Kehutanan Provinsi Papua. Kedua kunjungan ini untuk melihat eksistensi pelayanan publik yang dilakukan oleh Cabang Dinas ESDM dan Dinas Kehutanan Provinsi Papua. 

“Kita datang di Cabang Dinas ESDM, kemudian Cabang Dinas Kehutanan. Dari situ kita ya juga ketahui, informasi mengenai kantornya itu punya siapa dan pegawainya ada berapa, dan seterusnya,” ujarnya. 

Selanjutnya, Ditjen Otda mengunjungi Kantor UPTD Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua untuk melihat eksistensi pelayanan publik pada perangkat kerja tersebut. Tim juga melakukan validasi data kelembagaan dan kepegawaian pada Kantor UPTD Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua. 

Tak hanya itu, Ditjen Otda mengunjungi Kantor Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merauke. Kunjungan ini untuk mendapatkan informasi terkait UPTD Pertanian Provinsi Papua sebagai daerah induk yang terdapat di Kabupaten Merauke. Selain itu, Ditjen Otda juga mengunjungi Kantor UPTD Balai Sertifikasi Benih Provinsi Papua. 

“Karena ini hubungannya dengan pembentukan, penyelenggaraan pemerintahan oleh pemerintah provinsi yang baru, maka tentu kunjungan yang kita lakukan adalah pada institusi yang berkenaan dengan provinsi,” ungkap Yuliarto. 

Agenda penting berikutnya yakni memfasilitasi pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Hotel Halogen Merauke, Jumat (7/10/2022). Dalam FGD tersebut disampaikan berbagai pandangan, masukan, dan tanggapan terkait pembentukan OPD. Yuliarto menjelaskan, tanggapan tersebut seperti mengenai nomenklatur, peraturan teknis, dan aspek lainnya terkait OPD. 

“Setelah kita pastikan itu tentu kita dalami. Struktur organisasinya bagaimana, siapa saja pejabatnya, ada berapa pegawainya, asetnya apa saja, nangani apa saja, itu yang kita gali,” tandasnya. 

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update