Gubernur Sumbar Luncurkan Germas Penurunan Stunting di Solsel
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Gubernur Sumbar Luncurkan Germas Penurunan Stunting di Solsel

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16.30 WIB Last Updated 2022-10-23T10:56:24Z

Advertisement

Advertisement

Gubernur Sumbar Luncurkan Germas Penurunan Stunting di Solsel
Gubernur Sumbar Luncurkan Germas Penurunan Stunting di Solsel. (f/kominfotik)

SOLSEL, Mjnews.id - Dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dan upaya promotif dan preventif hidup sehat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Dalam Penurunan Stunting, guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan akibat penyakit, di PT. Supreme Energy, Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan, Minggu (23/10/2022). 

Gubernur menghimbau kepada seluruh karyawan PT. Supreme Energy untuk memasifkan gerakan Germas diseluruh lingkup perusahaan, yang dilaksanakan semenjak adanya pandemi Covid-19. Dalam hal ini gubernur berharap perusahaan diseluruh Sumbar dapat melakukan kegiatan yang sama.

“Kepada karyawan PT. Supreme Energy perlu meningkatkan aktivitas fisik serta banyak bergerak dan beraktivitas, hal ini sebagai upaya untuk menghadirkan masyarakat yang sehat,” papar gubernur.

Gubernur juga menyampaikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan agar sehat dan bugar, menurut gubernur raga yang sehat akan berpengaruh terhadap jiwa yang sehat, serta aktivitas dalam bekerja juga akan maksimal.

“Biasakan istirahat yang cukup, olahraga minimal 30 menit dalam sehari, saya harap di PT. Supreme Energy diadakan kegiatan olahraga rutin seperti senam bersama,” kata gubernur.

Selanjutnya Gubernur juga menyampaikan untuk menghindari minuman berakohol, menurutnya alkohol adalah pintu gerbang seseorang untuk terjerat narkoba. Oleh karena itu gubernur mendukung pembangunan coffeshop di banyak tempat. Hal ini untuk meminimalisir masyarakat untuk mengkonsumsi alkohol. Apalagi Solok Selatan terkenal mempunyai produksi kopi terbanyak di Sumbar. 

Mendukung hal tersebut, Bupati Solok Selatan, Khairunas, mengatakan peran perusahaan sangat penting dalam pembudayaan hidup bersih dan sehat antara lain dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan perusahaan.

“Tetapi budaya hidup sehat tidak akan optimal apabila tidak didukung oleh ketersediaan infrastruktur. Seperti air bersih, MCK dan Sanitasi. Kami berharap pihak perusahaan membantu penyediaan infrastruktur dimaksud untuk masyarakat disekitar perusahaan,” harapnya.

Kepala Dinas Provinsi Sumbar, Lila Yanwar, kegiatan Germas ini tidak hanya dilakukan di perusahaan saja namun sudah dilakukan di beberapa pesantren, sekolah, dan masyarakat secara luas. 

“Germas ini bertujuan untuk menjamin kesehatan pekerja, di perusahaan ini sudah ada pos-pos kesehatan kerja ada juga fungsional kesehatan kerja. Sehat adalah hak kita semua, untuk itu kita inisiasi germas ini. Hindari rokok, minum alkohol dan dibiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat,” ujarnya.

(MMC)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update