Ini Langkah Cepat Kanim Tanjung Priok Tingkatkan Layanan Keimigrasian
×

Adsense

Adsense Mobile

Ini Langkah Cepat Kanim Tanjung Priok Tingkatkan Layanan Keimigrasian

Selasa, 11 Oktober 2022 | 15.15 WIB Last Updated 2022-10-11T08:59:41Z

Advertisement

Advertisement

Sosialisasi Kebijakan Kemudahan Keimigrasian
Sosialisasi Kebijakan Kemudahan Keimigrasian pada Pemberian Visa dan Izin Tinggal, Selasa (11/10/2022), di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta. (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 TPI Tanjung Priok, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Sosialisasi Kebijakan Kemudahan Keimigrasian pada Pemberian Visa dan Izin Tinggal, Selasa (11/10/2022), di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta.

Sosialisasi ini merupakan untuk memberi Informasi serta pemahaman bagi masyarakat terkait Surat Edaran Plt. Dirjen Imigrasi, Kemenkumham tentang Kebijakan Kemudahan Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam Rangka Peningkatan Investasi dan Kunjungan Kepariwisataan berkelanjutan.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi itu.

Ibnu mengatakan, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, telah memberikan berbagai perintah kepada seluruh jajarannya untuk melakukan peningkatan dan kemudahan layanan Keimigrasian.

Hal itu merupakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo tentang percepatan perizinan terhadap investor asing ke Indonesia serta meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara.

Ibnu pun menyampaikan, saat ini Kemenkumham telah melakukan langkah terobosan melalui Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0702.GR.01.01 Tahun 2022 Tentang Kebijakan Keimigrasian Untuk Menyederhanakan Birokrasi, Mempermudah dan Mempercepat Layanan Izin Tinggal Guna Mendukung Kebijakan
Peningkatan Investasi Asing ke Dalam Negeri.

Surat Edaran ini secara umum mengatur agar seluruh pejabat dan pelaksana di bidang pelayanan Izin Tinggal Keimigrasian;
  • Untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
  • Tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.
  • Melaksanakan pengawasan secara berjenjang.

Pedoman Kebijakan Keimigrasian Melalui Layanan E-Visa Dan Penerbitan Visa Di Perwakilan RI yang Mudah Dan Cepat Untuk Mendukung Peningkatan Investasi Asing Dan Kunjungan Kepariwisataan Ke Dalam Negeri Nomor IMI-0709.GR.01.01 Tahun 2022.

Pedoman ini mengatur tentang;
  • Pemberian Visa Kunjungan dan Visa Tinggal Terbatas.
  • Pemberian Izin Tinggal Baru Melalui Permohonan Visa.
  • Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan;
  • Alih Status Izin Tinggal Keimigrasian;
  • Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Dalam mendukung kebijakan tersebut, dilakukanlah sebuah transformasi untuk memberikan kepastian layanan kepada masyarakat di bidang Izin Tinggal Keimigrasian berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Visa dan Izin Tinggal, sehingga terdapat penyesuaian berupa penyederhanaan proses layanan Izin Tinggal Keimigrasian. 

"Peraturan ini dijadikan sebagai pedoman bagi petugas imigrasi dalam memberikan pelayanan Izin Tinggal Keimigrasian," ungkap Ibnu.

Kemudian, untuk mengoptimalkan dan menegaskan fungsi keimigrasian dalam mendukung hal tersebut maka terdapat kebijakan yang dilakukan untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional yaitu meliputi;
  1. Pemberian Visa Kunjungan dan Visa Tinggal Terbatas.
  2. Pemberian Izin Tinggal Baru Melalui Permohonan Visa.
  3. Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan.
  4. Alih Status Izin Tinggal Keimigrasian.
  5. Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.
  6. Tarif Atas Jenis PNBP Terkait PMK No. 9/PMK.02/2022 Dan PP No. 28 Tahun 2019.

Menyikapi hal tersebut, Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Tanjung Priok kini telah melakukan inovasi yang dinamakan Pelita Senja (Pelayanan Izin Tinggal Sehari Jadi). 

Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Priok,Abdi Widodo Subagio, mengatakan inovasi tersebut dapat merespon tuntutan masyarakat dalam pelayanan publik yang efektif dan efisien.

"Dengan inovasi Pelita Senja ini, masyarakat akan memperoleh kemudahan dan menyingkat waktu dalam pembuatan Izin Tinggal Keimigrasian," ujar Abdi.

Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Pamuji Raharja, dan Sub Koordinator Urusan Kewaspadaan Kesbangpol Jakarta Utara Sony Triwibowo, Para Pimpinan Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing, serta para tamu undangan mitra Kanim Tanjung Priok.

Yang menjadi Narasumber dalam giat ini dilakukan oleh Analis Keimigrasian Ahli Muda pada Direktorat Izin tinggal Keimigrasian Feri Ferdinanto, dan Analis Keimigrasian Ahli Pertama Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian, Wihadi Sutrisno.

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update