Kain Songket Layak Dijadikan Fashion Baru
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Kain Songket Layak Dijadikan Fashion Baru

Senin, 17 Oktober 2022 | 12.00 WIB Last Updated 2022-10-17T06:25:08Z

Advertisement

Advertisement

Songket Pandai Sikek
Songket Pandai Sikek. (f/antara)

Oleh : Abdurrahim Gafur

Mjnews.id - Pada zaman sekarang ini, fashion sudah termasuk salah satu kebutuhan yang menjadi perhatian oleh setiap orang. Fashion dapat diartikan sebagai cara seseorang atau gaya berpakaian untuk memperlihatkan karakternya. Banyak macam fashion yang dipergunakan oleh masyarakat pada zaman sekarang ini mulai dari baju, celana atau rok, jaket, sepatu dan lainnya. Fashion juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri dari orang yang memiliki fashion.

Pada zaman sekarang ini negara-negara barat bisa dibilang sebagai kiblat fashion dunia. Hal ini dikarenakan banyak dari fashion-fashion pada negara barat dipakai juga oleh negara lainnya. Selain itu kemunculan fashion yang digunakan oleh tokoh-tokoh terkenal seperti artis, penyanyi, dan tokoh-tokoh besar lainnya juga menjadi salah satu alasan fashion itu cepat berkembangnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan fashion diambil atau dikembangkan dari pakaian daerah-daerah di indonesia

Salah satu pakaian yang dapat dijadikan fashion yang menarik pada era sekarang ini adalah pakaian kain tenun songket. Selain menampilkan fashion yang berbeda tentunya dengan memakai gaya fashion dari daerah dapat menjadi salah satu upaya dari pelestarian terhadap budaya yang dimiliki oleh masyarakat.

Salah satu daerah yang menghasilkan kain tenun songket yang terkenal di daerah Sumatra Barat adalah kain tenun songket pandai sikek. Pakaian songket pandai sikek yang memiliki banyak motif dan tampilan yang warna yang beragam dapat menjadi alasan kenapa kain songket dapat menjadi salah satu fashion yang menarik. Keunikan keunikan dari songket pandai sikek juga dapat menjadi salah satu daya tarik yang berbeda untuk dijadikan fashion.

Untuk proses pembuatan 1 kain songket memiliki estimasi waktu yang beragam. Lama pembuatan dari 1 kain songket dipengaruhi oleh tingkat kesulitan motif dan ukuran songket yang mau dihasilkan. Kain songket Pandai Sikek dibuat dengan cara ditenun. Alat tenun yang digunkan oleh pengrajin kain songket di daerah pandai sikek masih menggunakan alat manual atau alat tradisioanal.

Bahan utama untuk pembuatan kain songket tentunya adalah benang. Ada beberapa jenis benang yang digunkan dalam proses pembuatan seperti jenis benang emas. Dengan penampilan menggunakan benang emas bukan tidak mungkin kemewahan kain songket tersebut semakin terlihat dan membuat kain songket semakin bagus untuk digunakan.

Untuk harga, biasanya harga satuan dari kain songket tersebut dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dan lama waktu yang diperlukan untuk memproduksinya. Untuk harganya bermacam macam mulai dari ratusan ribu hingga harga belasan juta rupiah. Pada saat pengerjaan, ketelitian dari pengrajin sangat diuji karna jika tidak teliti akan memunculkan masalah atau kegagalan dalam proses produksi songket tersebut. 

Ada beberapa alasan kenapa songket pandai sikek layak untuk dijadika fashion pada masa sekarang ini yaitu :

1. Tampilan motif yang unik dan elegan
Dalam songket pandai sikek, motif yang ada pada kain songket tersebut sangatlah beragam. Ada motif yang menajadi kekhasan tersendiri pada kain songket pandai sikek yaitu yang pertma motif pohon pinang, yang kedua motif saluak laka, yang ketiga motif biji bayam. Pembuatan motif deengan menggunakan benang emas juga menambah kewehanan yang terdapat pada kain songket tersebut. Selain itu,l warna pada kain songket juga memiliki banyak pilihan warna. Ketiga motif ini hanya dimiliki oleh kain songket Pandai Sikek. Bukan kain songket Pandai Sikek namanya kalau ketiga motif ini tidak ada pada terlihat pada kain songket. Dengan tampilan motif yang unik tersebut, kain songket ini bakalan bagus dan menonjol untuk dijadikan fashion dalam berpakaian. 

2. Jenis kain yang beragam
Kain songket ini memiliki beberapa macam jenis kain. Jenisnya yaitu kain sarung, kodek tau rok untuk perempuan pakaian sisamping untuk laki-laki dan selendang untuk perempuan. Terdapat banyak pilihan yang ingin digunakan untuk fashion. Kita tidak perlu pusing untuk menentukan gaya yang ingin digunakan. Jenis songket ini bisa digunakan dalam berbagai acara. Contohny untuk pergi ke acara pernikahan, perempuan bisa menggunakan rok dengan jenis songket yang tentunya akan menarik dan memiliki gaya yang berbeda. Selain itu banyak juga masyarakat yang menjadikan kain songket sebagai pakaian untuk pernikahan. 

3. Gaya klasik tampilan elit
Pada kain songket aura klasik masih terlihat, karena kain songket dahulunya digunakan oleh masyarakat sebagai pakaian adat. Inovasi-inovasi yang muncul membuat kain songket dapat digunakan pada acara lain seperti acara pernikahn, perlombaan, atau pun untuk acara fashion show. Tapi jangan salah, tampil klasik pada kain songket dikemas dengan baik dan terlihat kain songket tersebut seperti pakaian yang mewah dan elit. 

Itulah beberapa alasan kenapa songket dapat dijadikan sebagai fashion pada zaman sekarang ini. Tampilan songket tidak akan membuat pemakainya kecewa karna tampilan yang diperlihatkan kain songket sangatlah mewah dan bagus.

Pakaian songket yang dahulunya digunakan untuk pakaian adat dapat dijadikan salah satu fashion baru dalam dunia pakaian. Sudah banyak kain songket digunakan masyarakat untuk menjadi salah satu fashion baru. Fashion baru dengan menggunakan songket akan menjadi daya tarik sendiri pada setiap orang. Tidak mengabaikan dan merusakan ciri khas pakaian songket tersebut terkait nilai adat dan ciri khas dari kain songket masih diperhatikan.

Hanya saja ada inovasi-inovasi baru yang membuat pakai songket bisa digunakan dalam kegiatan atau aktivitas apapun. Selain kita bisa berkreasi sebebas mungkin menggunakan songket, nilai-nilai melestarikan budaya berhasil pula kita jalankan. Selain itu, dengan memakai songket itu sudah menjadi salah satu wujud nyata dari kegiatan melestarikan budaya. 

Penulis, Mahasiswa Antropologi Sosial FISIP Universitas Andalas Padang.

(***)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update