Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Gelar Operasi Zebra Singgalang 2022
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Kapolres Dharmasraya Pimpin Apel Gelar Operasi Zebra Singgalang 2022

Selasa, 04 Oktober 2022 | 08.30 WIB Last Updated 2022-10-04T09:01:50Z

Advertisement

Advertisement

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, S.I.K. pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Singgalang 2022, Senin (3/10/2022).

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di lapangan Mapolres Dharmasraya dihadiri oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE. Ketua DPRD Paryanto, S.H, Kajari M. Hari Hasbullah, S.H, M.M, Fokopimda,  para PJU , Personel polres, Personel Satpol PP, Dishub dan BPBD Kabupaten Dharmasraya.

Dalam amanatnya, Kapolres Dharmasraya mengatakan bahwa dalam menciptakan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas diperlukan sistem manajemen dan standar keberhasilan operasional.

Kapolres  meminta kepada jajaran satuan Lalu Lintas Polres Dharmasraya agar mempersiapkan langkah-langkah yang efektif untuk pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2022 .

Berdasarkan data laka lantas di wilkum Polres Dharmasraya, pada tahun 2021 dan 2022, jumlah kejadian laka lantas didominasi oleh anak-anak di bawah umur (pelajar). Dari data tersebut juga diketahui bahwa kecelakaan didominasi oleh pengendara yang tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu orang, berkendara secara ugal-ugalan.

Lebih lanjut Kapolres menekankan untuk melakukan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan terjadinya pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas. Melakukan bimbingan dan penyuluhan tentang pentingnya Kamseltibcar, dan dalam melaksanakan operasi agar berpedoman pada SOP operasi kepolisian yang diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2019.

Kapolres berharap dengan dilaksanakan Operasi Zebra Singgalang ini dapat meningkatkan kesadaran para pengguna jalan dalam berlalu lintas. Masyarakat lebih patuh dan tertib dalam berlalu- lintas. 

Operasi Zebra Singgalang 2022 dilaksanakan serentak digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2022 sampai dengan 16 Oktober 2022. Prioritas operasi zebra adalah Pengemudi atau pengendara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara Ranmor yang masih dibawah umur, Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu, Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman.

Pengemudi atau pengendara Ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, Pengemudi atau pengendara Ranmor yang melawan arus dan Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Dalam kegiatan ini Kapolres Dharmasraya melibatkan forkopimda, toga, tomas, todat Niniak mamak, cadiak pandai dan meminta kepada anggota polres Dharmasraya dalam melakukan tindakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas agar memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat yang masih dalam pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi covid 19, supaya mengedepankan upaya preventif dan persuasif.

(eko)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update