Keamanan dan Kenyamanan dalam Dunia Perkuliahan
×

Adsense

Adsense Mobile

Keamanan dan Kenyamanan dalam Dunia Perkuliahan

Selasa, 18 Oktober 2022 | 02.00 WIB Last Updated 2022-10-18T10:51:04Z

Advertisement

Advertisement

Suasana kuliah di Universitas Andalas Padang. (f.gentaandalas)

Oleh: Fahri Husaini

Mjnews.id - Keamanan dan kenyamanan menjadi komponen penting dalam dunia perkuliahan. Keamanan dan kenyamanan memang harus sangat diperhatikan oleh perguruan tinggi agar tercipta suasana akademis yang baik dan ideal. Dengan adanya keamanan dan kenyamanan yang baik maka secara otomatis kualitas pendidikan perguruan tinggi tersebut akan meningkat. Dan jika keamanan dan kenyamanan dari perguruan tinggi tersebut buruk dan masih minim maka itu akan berdampak buruk terhadap perguruan tinggi tersebut.

Di perguruan tinggi tempat saya menimba ilmu, sudah banyak kejadian kehilangan motor, kehilangan helm dan juga fasilitas kampus yang kurang baik sehingga ini berdampak buruk terhadap keamanan dan kenyamanan dalam menimba ilmu.

Bagaimana tidak, ketika sedang belajar selalu was-was memikirkan apakah kendaraan di parkiran aman atau tidak? dan juga fasilitas bangku dan loteng kelas yang sangat tidak nyaman untuk dipakai dalam proses perkuliahan. Ini semua menjadi indikator yang sangat penting seharusnya untuk diperhatikan oleh pihak kampus karena dengan kondisi kampus yang seperti ini akan memperburuk nama kampus dan juga memperburuk kualitas pendidikan didunia perkuliahan.

engan kondisi yang demikian, kampus yang berlokasikan di Kota Padang ini harus ditata ulang fasilitasnya terutama untuk lahan parkir dan kelas belajar bagi mahasiswa. Semua ini sangat diharapkan oleh seluruh mahasiswa agar di setiap fakultas memiliki lahan parkiran dengan sistem keamanan yang terintegrasi dengan sangat baik dan juga memiliki fasilitas ruang belajar yang membuat mahasiswa nyaman dalam melakukan proses pembelajaran.

Dengan permasalahan yang disebutkan di atas tentunya ini tidak bisa didiamkan saja, karena kita tahu bahwa kampus merupakan tempat yang paling penting untuk menciptakan generasi pembangun bangsa yang terbaik untuk masa depan. Jika suasana kampus yang diperoleh oleh mahasiswa tidak kondusif maka untuk mncapai generasi terbaik di masa depan itu tidak akan bisa tercapai dengan maksimal. Jadi untuk itu, pihak kampus harus menyadari apa saja permasalahan yang dialami oleh mahasiswa dalam menimba ilmu sehingga pihak kampus bisa menciptakan mahasiswa yang unggul dalam bidangnya.

Menurut saya permasalahan keamanan dan kenyamanan kampus dapat diselesaikan dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Parkiran
Pihak kampus perlu membuat lahan parkir yang terintegrasi dengan baik dan juga dengan menggunakan teknologi. Karena jika hanya menggunakan tenaga satpam itu tidak akan berjalan dengan baik seperti yang sudah terjadi sebelum- sebelumnya dan akan sering terjadi human error. Oleh karena itu, untuk diwilayah parkiran sebaiknya menggunakan teknologi yang memumpuni untuk mengawasi setiap kendaraan.

2. Kenyamanan saat belajar
Untuk melakukan belajar di kelas tentunya juga membutuhkan kenyamanan dalam melakukan proses belajar, sehingga dari setiap pembelajaran dikelas dapat diserap dengan baik. Jadi untuk fasilitas kelas harus diperhatikan dengan baik seperti bangku kuliah, loteng kuliah yang bocor, infokus, dan juga AC/kipas angin agar tercipta ruang kelas yang nyaman untuk melakukan proses belajar.

3. Pemasangan CCTV Online
Di kampus memang sangat perlu dipasangkan yang namanya CCTV Online agar semua tindakan mahasiswa atau staf perguruan tinggi bisa diawasi dengan baik. Daerah-daerah yang penting untuk dipasangkan CCTV seperti parkiran, gedung perkuliahan, laboratorium, dan pintu gerbang masuk maupun keluar. Jadi dengan adannya CCTV akan memudahkan pihak keamanan kampus untuk mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa maupun staf kampus.

Itulah bebarapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keamanan dan kenyamanan kampus yang sudah darurat dan mengakhawatirkan bagi seluruh mahasiswa. Cara ini dirasa tidak akan merugikan pihak kampus karena dari beberapa informasi yang didapat, kampus memiliki dana yang cukup besar apalagi biaya kuliah sekarang sudah mengalami penaikan. Jadi saya rasa keamanan dan kenyamanan tersebut sudah sangat layak didapatkan oleh para mahasiswa.

Jangan sampai dengan kurangnya keamanan dan kenyamanan tersebut mahasiswa malah memilih jalan untuk demo meminta kesadaran pihak kampus untuk memperbaiki sarana dan prasaran dalam perkuliahan.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa keamanan dan kenyamanan dalam dunia perkuliahan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak perguruan tinggi. Apalagi sampai sekarang sudah banyak mahasiswa yang mengeluh akibat keamanan dan kenyamanan kampus yang sangat tidak baik. Mahasiswa sudah banyak melakukan laporan kehilangan motor dan helm kepada satpam yang bertugas tetapi tidak ditanggapi dengan serius oleh satpam yang sedang bertugas. Melainkan satpam itu malah menyalahkan mahasiswa karena tidak menggunakan kunci ganda pada kendaraan bermotornya.

Oleh Karena itu, pihak kampus harus menyikapi hal ini dengan cepat dan segera mengambil tindakan agar keaman dan kenyaman kampus bisa terwujud dengan baik. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas perguruan tinggi dalam bidang akademis maupun non akademis. Dimana perguruan tinggi jika memiliki keamanan dan kenyamanan yang baik maka akan menghasilkan mahasiswa yang berkualitas untuk membangun negara ini di masa depan.

Penulis, Mahasiswa jurusan Antropologi Sosial dari Universitas Andalas Padang

(***)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update