Kementerian ESDM Beri Bantuan PLTS Rooftop ke Pemkab Pasbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Kementerian ESDM Beri Bantuan PLTS Rooftop ke Pemkab Pasbar

Minggu, 23 Oktober 2022 | 00.00 WIB Last Updated 2022-10-22T17:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Kementerian ESDM Beri Bantuan PLTS Rooftop ke Pemkab Pasbar
Kementerian ESDM Beri Bantuan PLTS Rooftop ke Pemkab Pasbar. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat menerima bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop dengan kapasitas 25 kWp dari Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. 

Kepala Bagian Perekonomian Setda Pasaman Barat, Endang Rirpinta melalui Analis Kebijakan Substansi Sumber Daya Alam Yefirson menjelaskan, bantuan tersebut diberikan pemerintah pusat dalam rangka mendukung program energi bersih yang bersumber dari energi terbarukan. Dan untuk tahun ini dari Provinsi Sumbar hanya Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman yang menerima bantuan tersebut.

"Dengan beroperasinya PLTS Rooftop ini nantinya, diharapkan dapat menghemat tagihan listrik dan pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan yang merupakan program pemerintah dalam upaya konservasi energi," jelas Yefirson. 

Ia juga menjelaskan PLTS yang digunakan bersifat On Grid dengan jaringan listrik PLN yang gunanya untuk memperoleh penghematan konsumsi listrik dari PLN. 

"Dengan adanya bantuan tersebut dapat menghemat tagihan belanja listrik PLN untuk kantor bupati sekitar 10 persen dari penggunaan listrik saat ini yang apabila di rata-ratakan sekitaran 28 ribu kWatt perbulan," jelasnya. 

Ia juga menambahkan PLTS tersebut saat ini masih proses pembangunan dan direncanakan akan dapat dioperasikan pada akhir Oktober. Apabila sudah beroperasi nantinya maka daya yang dihasilkan sekitar 80 KW perhari dengan asumsi mendapatkan cahaya minimal 4 jam sehari dengan cuaca cerah. 

"Untuk mendukung pengoperasian dan perawatan PLTS Rooftop tersebut, ditunjuk 2 orang tenaga teknis dan sudah mengikuti pelatihan PLTS Rooftop di Banda Aceh bulan Oktober ini," jelasnya. 

Dikatakannya, apabila PLTS ini di operasional maka kedepannya akan terus dilakukan perawatan sehingga dapat terus beroperasi dan bermanfaat bagi pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update