Ketua TP-PKK dan Dinas KP2KH Kepri Gelar Dapur B2SA untuk Anak di Bintan
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Ketua TP-PKK dan Dinas KP2KH Kepri Gelar Dapur B2SA untuk Anak di Bintan

Jumat, 07 Oktober 2022 | 03.00 WIB Last Updated 2022-10-07T06:02:13Z

Advertisement

Advertisement

Dapur B2SA untuk Anak di Bintan
Kegiatan Dapur Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Kampung Mansur, Tembeling Tanjung, Bintan. (f/biro adpim)

KEPRI, Mjnews.id - Riuh suara teriakan anak-anak Sekolah Dasar (SD) semangat menyambut kedatangan Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hj. Dewi Kumalasari Ansar, saat mengunjungi SDN 009 Teluk Bintan pada kegiatan Dapur Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Kampung Mansur, Tembeling Tanjung, Bintan, Kamis (06/10/2022). 

"Apa kabar anak-anak ibu, semuanya sehat. Dah makan?," Sapaan Dewi Ansar, kepada anak-anak yang menyahut bersama dengan jawaban "Belum," ujar anak-anak. 

Kegiatan Dapur B2SA ini dihelat oleh TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (KP2KH) Provinsi Kepulauan Riau. Guna mensosialisasikan kepada masyarakat tentang makanan sehat dan memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kita kepada anak-anak agar tumbuh kembangnya semakin sehat dan cerdas, dan juga sebagai stimulus kepada orang tua terutama ibu-ibu untuk lebih memperhatikan makanan anak di rumah," tutur Dewi Ansar.

Dalam kegiatan tersebut Dewi Ansar juga memaparkan bagaimana cara penyajian dan apa itu makanan sehat kepada masyarakat yang hadir.

"Ini penting ibu-ibu, makanan sehat itu tidak harus mahal, akan tetapi komposisi dalam pemenuhan gizi anak tercukupi, yang pastinya ada sayur, ada protein, ada karbohidrat, dan vitamin yang cukup. Jelasnya ada nasi, sayur, ikan atau telur, ditambah buah-buahan yang ada," terang Dewi Ansar.

Lalu, Dewi Ansar juga menunjukkan cara menyajikannya. "Cara penyajiannya ini yang harus sangat diperhatikan, karena anak-anak kita saat ini cepat bosan dengan makanan yang menunya sama, kreasikan makanan untuk anak agar makannya baik, maka tumbuh kembangnya akan sehat dan cerdas," tambahnya.

Dewi Ansar juga mengharapkan agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan saat ini saja, tetapi dapat kembali dilaksanakan oleh pihak TP-PKK Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Sekolah Dasar lainnya, untuk memenuhi gizi pada anak.

"Saya sangat berharap, kegiatan ini dapat kembali digelar untuk anak-anak kita, mungkin kegiatan dari ibu-ibu PKK Kabupaten dan Kecamatan, yang juga mungkin dari pihak sekolah sendiri dapat melaksanakan masak dan makan bersama anak-anak agar mereka dapat belajar dan mendapatkan apa itu makanan sehat," harap Dewi Ansar.

Pada kesempatan tersebut juga Kadis KP2KH Provinsi Kepulauan Riau Rika Azmi, turut memberikan pemaparan bagaimana cara mendapatkan bahan makanan sehat yang murah dan terjangkau.

"Kita paham betul sebagai ibu-ibu pastinya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan bahan makanan bergizi yang murah dan terjangkau untuk anak kita. Yang pasti poinnya harus ada sayur, Protein, Karbohidrat, Vitamin yang cukup untuk keluarga terutama anak kita," papar Rika.

Kembali, Rika Azmi menambahkan. "Banyak makanan pengganti yang bisa kita dapatkan daerah kita tinggal, seperti Karbohidrat tidak harus nasi, ada Kentang, Jagung, dan Ubi. Kalau protein pasti tidak susah kita peroleh karena mudah kita temukan ikan di sini, hanya saja jangan sampai anak kita bosan makan ikan," pungkas Rika.

Terakhir, Kadis KP2KH Rika mengajak masyarakat agar memanfaatkan perkarangan rumah untuk bercocok tanam sayur, cabai, dan sebagainya untuk meringankan kebutuhan makanan pada anak.

"Di perkarangan rumah kita sendiri dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sayur untuk anak kita, seperti kangkung, toge, bayam dan cabai dapat kita peroleh sendiri dengan cara membudidayakan dirumah, tentunya kesempatan ini saya mengajak ibu-ibu untuk mulai kegiatan tersebut agar membantu kebutuhan bahan pokok dirumah," tutup Rika Azmi.

(mit/isb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update