Lima Daerah Pasaman Barat Terbebas dari Blank Spot
×

Adsense

Adsense Mobile

Lima Daerah Pasaman Barat Terbebas dari Blank Spot

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-10-22T13:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Edy Murdani
Lima Daerah Pasaman Barat Terbebas dari Blank Spot. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Barat, terus berupaya menyediakan jaringan telekomunikasi di seluruh daerah di Kabupaten Pasaman Barat. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama menyediakan jaringan dengan pihak swasta dan relokasi perangkat V-Sat dari beberapa titik yang sudah tersentuh jaringan atau sinyal ke daerah yang tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi (Blank Spot).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Barat, Edy Murdani, Jumat (21/10/2022) menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pasaman Barat Nomor: 188.45/181/Bup-Pasbar/2022 terdapat 13 jorong yang belum memiliki akses jaringan telekomunikasi dan informasi atau Blank Spot. Dan saat ini 5 daerah Blank Spot tersebut telah dilakukan pemasangan jaringan telekomunikasi.

“Berdasarkan SK Bupati Pasaman Barat yang dikeluarkan pada tahun 2022 ini, terdapat 13 jorong yang Blank Spot. Saat ini 5 jorong yang masuk ke dalam daerah Blank Spot di Kabupaten Pasaman Barat telah kita pasang hotspot wifi serta relokasi perangkat V-Sat. 5 jorong tersebut yakni Jorong Sawah Mudik, Jorong Silayang Mudik, Jorong Sigantang, Jorong Taming Tengah, dan Jorong Taming Julu,” jelas Edy Murdani.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan E-Government dan Aplikasi Sunarto, Jumat (21/10/2022) menjelaskan, 5 daerah Blank Spot di Kabupaten Pasaman Barat telah dipasang hotspot wifi bekerjasama dengan perusahaan swasta penyedia jaringan telekomunikasi Icon Plus dan Pasbara.net serta relokasi perangkat V-Sat dari beberapa titik yang sudah tersentuh jaringan.

“Jorong Sawah Mudik telah dilakukan relokasi perangkat V-Sat dan telah kita pasang, Jorong Silayang Mudik dan Jorong Sigantang saat ini kita sedang melakukan relokasi perangkat V-Sat dari beberapa titik yang sudah tersentuh jaringan atau sinyal. Dan daerah Blank Spot di Jorong Taming Tengah dan Jorong Taming Julu juga telah dilakukan pemasangan hotspot wifi yang bekerjasama dengan perusahaan swasta penyedia jaringan telekomunikasi Icon Plus dan Pasbara.net,” jelas Sunarto.

Sunarto juga menjelaskan, hingga saat ini tinggal 8 jorong di Kabupaten Pasaman Barat yang termasuk daerah Blank Spot. Jorong tersebut yakni Jorong Rura Patontang, Jorong Ranah Panantian, Jorong Pulau Panjang, Jorong Guo, Jorong Siligawan Gadang, Jorong Tombang, dan Jorong Sarasah Talang serta Jorong Sarasah Betung.

"Saat ini hanya tinggal 8 jorong lagi yang termasuk daerah Blank Spot di Kabupaten Pasaman Barat. Semoga jorong-jorong lainnya juga bisa kita sediakan jaringan telekomunikasi, sehingga masyarakat bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara digital dengan baik dan cepat," harapnya.

(dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update