Lomba Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Darul Hadits Kinali Berakhir
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Lomba Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Darul Hadits Kinali Berakhir

Jumat, 21 Oktober 2022 | 15.30 WIB Last Updated 2022-10-21T08:50:41Z

Advertisement

Advertisement

penutupan Lomba Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Darul Hadits Kinali
Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto hadiri penutupan Lomba Peringatan Hari Santri 2022 di Ponpes Darul Hadits Kinali. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto didampingi stakeholder terkait menghadiri sekaligus menutup kegiatan lomba dalam memperingati Hari Santri Tahun 2022 di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadits, Nagari Enam Koto Selatan, Kecamatan Kinali pada Jumat (21/10/2022).

Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".

Turut hadir Staf Ahli Bidang Agama Adrianto, Kepala Satpol PP dan Damkar Hendri Wijaya, Kadis Perhubungan Bakaruddin, Camat Kinali Saparuddin, Forkopimca Kinali, Pimpinan Ponpes Darul Hadits Khairul Nasri dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutannya saat menutup kegiatan itu, Wabup Risnawanto mengucapkan selamat Hari Santri kepada santri Ponpes Darul Hadits beserta kepada para santri undangan lainnya. Ia menjelaskan, ditetapkannya Hari Santri oleh Presiden RI Joko Widodo dikarenakan pemerintah menyadari dan memandang arti penting peran santri dalam kehidupan. Kaum kiai dan santri turut serta berjuang melawan penjajah dan memerdekaan negara Indonesia. 

"Atas nama Pemda kami mengucapkan selamat Hari Santri tahun 2022 dengan tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan. Kita memperingatinya baru tahun ke-4 secara nasional. Namun, hari besar ini sesungguhnya sudah ada sejak Indonesia merdeka. Sebab pejuang islam, turut memerdekaan perjuangan Indonesia kita ini. Ini menjadi landasan presiden, menetapkan hari santri ini secara nasional. Hari memperingati jasa Pejuang Islam," ucapnya.

Ia berpesan kepada para santri sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai harapan orang tua dan harapan guru-guru, agar fokus dan rajin belajar. Ia berharap, agar para santri itu dapat mewujudkan cita-cita hingga sukses dunia akhirat dengan ilmu agama yang sudah dimiliki. 

Hal serupa disampaikan Pimpinan Ponpes Darul Hadits Buya Khairul Nasri, ia menyebutkan Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan peringatan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober. Menjadi santri merupakan suatu kebanggaan. Ia melanjutkan, Ponpes Darul Hadits berdiri sejak tahun 2014 dengan jumlah santri sebanyak 627 orang. Pesantren itu telah menamatkan 3 generasi tingkat SMA.

"Bapak Presiden telah mendeklarasikan setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, dan ini sudah menjadi kali ke-4. Anak-anak patut berbangga, di kalender tidak pernah ada hari siswa yang ada adalah hari santri. Santri adalah kebanggaan, santri muncul sebelum indonesia merdeka. Santri ikut terlibat pada kemerdekaan indonesia, santri harus semangat menjaga keutuhan bangsa," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Juniarto menyebutkan Ponpes Darul hadits telah melaksanakan beberapa lomba dalam memperingati Hari Santri tahun 2022, diantaranya Hafalan Hadist, bacaan Kitab Kuning, lomba Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), lomba Cerpen Islami, dan lomba Futsal. Ia menegaskan, lomba yang diadakan bukanlah untuk mencari pemenang saja namun untuk menjalin silaturrahmi antar santri.

"Kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan penutupan. Sebelum penutupan ini, kita sudah melakukan beberapa agenda. Kita memulai lomba dari hari Rabu lalu tanggal 19, seperti hafalan hadist juga sudah didapatkan pemenangnya. Bacaan kitab kuning, MSQ sudah final pada kamis kemaren. Lomba cerpen islami sengaja dilombakan sebagai pedoman hidup, bahwa anak santri Ponpes mampu membaca cerpen dengan baik. Terakhir adalah lomba futsal yang diikuti santri dari Pasbar dan Agam," jelasnya.

Di akhir kegiatan, Wabup Risnawanto memberikan hadiah kepada santri yang berhasil menjawab kuis yang ia berikan. Ia juga memberi bantuan hadiah pada kegiatan tersebut. Piala dan piagam penghargaan turut diserahkan kepada para pemenang lomba oleh Wabup Risnawanto dan pejabat lainnya.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update