Malam Api Unggun Tutup Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 2022
×

Adsense

Adsense Mobile

Malam Api Unggun Tutup Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 2022

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-10-22T06:48:51Z

Advertisement

Advertisement

Penutupan Peringatan Hari Pramuka ke-61 2022
Penutupan Peringatan Hari Pramuka ke-61 2022. (f/prokomp)

Solok, Mjnews.id - Setelah lima hari yang dilalui, puncak peringatan hari Pramuka ke 61 Tahun  2022 tingkat Sumatera Barat yang mana Kota Solok bertindak sebagai tuan rumah sukses dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 18 sampai 22 Oktober 2022.

Kegiatan dilaksanakan di tiga tempat berbeda, kegiatan awal malam tuah sakato di laksanakan di Gor Tanjung Paku, Apel besar hari Pramuka dilaksanakan di lapangan merdeka serta Giat Prestasi Tingkat Daerah dilaksanakan di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Pulau Belibis Ampang Kualo.

Malam Api Unggun yang dilaksanakan pada Jumat 21 Oktober 2022 bertempat di Bumi Perkemahan merupakan malam penutupan seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari Pramuka ke 61 tahun, Ketua Kwartir Cabang Kak Ramadhani Kirana Putra bertindak sebagai Pembina Upacara Api unggun, didampingi oleh Ketua Harian Kwarda Kak Yulius, Ketua Pelaksana Kegiatan Kota Solok, Kak Zulkarnaini serta Pimpinan Kwartir Daerah 03 Sumatera Barat dan Andalan cabang Kwarcab 0310 Kota Solok.

Sebelum Api Unggun dilaksanakan, kegiatan diawali dengan prosesi adat tuah sakato yang dilakukan oleh Dewan Kerja Daerah, selanjutnya arahan atau sambutan yang di sampaikan Ketua Harian Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Kak Yulius.

”Terima kasih kami ucapkan kepada Kwarcab kota solok berserta seluruh jajaran yang telah bersusah payah siang dan malam  menyiapkan lokasi, bentuk dan sarana kegiatan, dan ini tidak akan bisa kwartir daerah membalas semua ini kepada panitia, tetapi biar Allah SWT sajalah yang akan membalas darmabakti kakak-kakak semua. Karena inilah peran kita orang dewasa sebagai pembina sebagai pelatih untuk menciptakan generasi muda yang baik dan inilah wujud bakti kita sebagai orang dewasa, katanya.

"Kemudian terkhusus kepada seluruh peserta GPD yang perlu diingat, hari ini adalah hari terakhir, kemudian sebentar lagi akan resmi ditutup dan juga akan di umumkan juara-juara dari setiap lomba, tetapi kami berpesan dari kwartir daerah lomba adalah alat untuk mencapai tujuan, juara bukan adalah tujuan akhir dari Gerakan pramuka, dan kami berharap siapapun yang meraih juara nantinya bukan berarti ini yang terbaik, tetapi kita yang hadir hari ini adalah yang terbaik dari Kwarcab masing-masing,” kata Kak Yulius.

Selanjutnya dilaksanakan prosesi api unggun dasadarma, Ketua Kwartir Cabang Kak Ramadhani yang bertindak sebagai pembina api unggun juga menyampaikan amanah, adik-adik pramuka yang kakak sayangi, akhirnya rangkaian kegiatan kita telah memasuki acara puncak, yaitu api unggun, api unggun yang membara didepan kita ini bukan untuk kita sembah, api unggun dalam pramuka merupakan suatu alat Pendidikan yg memiliki filosofi yang dalam kalau kita amati, api tadi sebagai ilmu. Peran pembina memberikan sedikit ilmu kepada pramuka penegak pandega, ilmu tadi adik bagi-bagi, adik-adik kembangkan ke bawah.

"Ketika adik-adik berkumpul dan menyatukan ilmunya maka menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa yang menggelora seperti api unggun yang ada dihadapan kita Bersama, saya mewakili kakak pembina lainya berpesan jadilah adik-adik api yang bermanfaat, yang cukup menerangi dan menjadi kehangatan sekitarnya jangan menjadi api yang besar dan merusaklainnya, dan kita jadikan malam api unggun ini sebagai malam menjalin keakraban, persatuan dan persaudaraan kita, GPD adalah kegiatan untuk evaluasi kegiatan keterampilan di masing-masing kwartir cabang, Atas nama tuan rumah saya mewakili seluruh panitia dan sangga kerja memohon maaf, seandainya ada yang kurang dalam penyajian kegiatan kami," kata Kak Ramadhani.

Setelah prosesi api unggun kegiatan dilanjutkan pentas seni pencak silat yang ditampilkan dari Pramuka SMA Negeri 3 Kota Solok dan pengumuman juara tiap-tiap lomba yang diikuti oleh peserta Gita Prestasi Daerah.

(zm)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update