Mendagri Apresiasi Lompatan Kemajuan Provinsi Kaltara
×

Adsense

Adsense Mobile

Mendagri Apresiasi Lompatan Kemajuan Provinsi Kaltara

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19.00 WIB Last Updated 2022-10-25T12:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Muhammad Tito Karnavian di Kaltara
Mendagri Muhammad Tito Karnavian di hadapan awak media usai memimpin Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Provinsi Kaltara, Selasa (25/10/2022). (f/kemendagri)

Tanjung Selor, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi lompatan kemajuan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Apresiasi tersebut disampaikan Mendagri di hadapan awak media usai memimpin Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Provinsi Kaltara, Selasa (25/10/2022).

Menurut Mendagri, kemajuan itu terlihat dari ramainya Tanjung Selor, Bulungan, oleh aktivitas masyarakat di malam hari. Hal ini berbeda dengan kondisi masa silam yang cenderung sepi.

"Sekarang malam pun sampai jam satu malam masih ramai. Sudah banyak ada cafe-cafe, sudah banyak restoran, hotel, kemudian pusat-pusat perbelanjaan, sekolah, dan lain-lain," ujar Mendagri.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri berpesan agar sumber daya alam yang luar biasa di Kaltara dapat terus dioptimalkan. Terlebih, Provinsi Kaltara memiliki wilayah yang luas. Hal itu perlu ditopang dengan adanya sumber daya manusia (SDM) unggul yang terdidik, terlatih, dan sehat.

"Maka betul-betul fokus di bidang program-program. Bidang pendidikan 20 persen alokasi anggaran, 10 persen bidang kesehatan. Jangan asal belanja, tapi betul-betul tepat sasaran," tambahnya.

Di lain sisi, penduduk Provinsi Kaltara relatif tidak terlalu banyak, yakni sekitar 700 ribu jiwa. Dengan kondisi tersebut, diharapkan generasi muda di Kaltara tidak perlu keluar ke daerah lain untuk mencari pekerjaan. Sebab, di Kaltara tersedia banyak potensi yang dapat melahirkan peluang pekerjaan. 

Potensi itu misalnya dari sektor pertambakan, perikanan, udang, hutan, tambang, hingga green energy. Dengan berbagai keunggulan itu, ke depan diharapkan dapat dimaksimalkan oleh Provinsi Kaltara, khususnya melalui generasi yang memiliki SDM unggul, kompeten, dan kompetitif.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update