Mutia Febrina Juara 3 Lomba Desain Busana Muslimah Dekranasda se-Sumbar

Mutia Febrina Juara 3 Lomba Desain Busana Muslimah Dekranasda se-Sumbar
Mutia Febrina. (f/kominfo)

PADANG, Mjnews.id – Desainer muda asal Padang Panjang, Mutia Febrina meraih Juara 3 Lomba Desain Baju Busana Muslimah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (19/10/2022).

Bertempat di Axana Hotel, perwakilan Dekranasda Padang Panjang ini menampilkan desain baju busana muslimah bertemakan “Bamain Alang-Alang”.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Karya ini terinspirasi dari ‘bamaian alang-alang’ atau layangan yang merupakan salah satu permainan anak nagari yang biasa dimainkan anak-anak di lahan persawahan pascapanen atau di lapangan terbuka,” ujar Kasi Promosi Disperdakop UKM, Azani Mizwar, M.I.Kom.

Baca Juga  Tingkatkan Produksi Padi, Gubernur Bersama Bupati Padang Pariaman Aktifkan Kembali Lahan Tidur

Dijelaskannya, bermain alang-alang dimulai dari membuat sendiri bingkai layangan, menimbang, melapisi kertas dan ekor. Lalu menerbangkan layangan sambil memegangi tali atau benang dari daratan, berlomba bahkan mengejar layangan yang putus. Semua itu melatih dan melambangkan kreativitas, kemandirian, kesabaran dan keikhlasan.

Sama halnya dengan karya ini, cutting baju yang tegas pada atasan dan berayun di bawahan seperti kepala dan ekor layangan, di pegang dengan tali macrame yang dianyam dengan motif layangan. 

Menggunakan material tenun Jembatan Merah serta dipadukan dengan tas dan sepatu berbahan kulit, yang mana macrame, tas dan sepatu ini merupakan hasil produksi perajin dari Kota Padang Panjang. Karya ini menggunakan perpaduan preppy dan bohemian style dengan siluet A.

Baca Juga  Peserta Bimtek Jitu Pasna Angkatan ke-5 Dapat Support Edukasi dari Instruktur

Lomba Desain Baju Busana Muslimah ini dilaksanakan Dekranasda Provinsi Sumbar untuk menumbuhkan kreativitas dalam menghasilkan busana muslimah keseharian bagi desainer muda se-Sumbar.

Juara 1 diraih oleh Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota, dan juara 2 Dekranasda Kota Padang.

(tia)