Pemkab Pasbar Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemkab Pasbar Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022

Jumat, 28 Oktober 2022 | 13.30 WIB Last Updated 2022-10-28T06:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, 28 Oktober 2022. Pada tanggal itu dijadikan sebagai mementum nasional untuk mengenang kembali peristiwa Kongres Pemuda tanggal 27 - 28 Oktober 1928 yang menghasilkan putusan Sumpah Pemuda. 

Upacara peringatan sumpah pemuda dilaksanakan di halaman kantor bupati Pasaman Barat, Jumat (28/10/2022). 

Dalam upacara bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Pasbar AKBP Aries Purwanto, yang diikuti oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Erianto, dan Forkopimda setempat. Hadir juga kepala OPD, PNS, THL dan beberapa pelajar. 

Bertindak sebagai pembacaan keputusan kongkres pemuda Indonesia adalah Ketua KNPI Pasbar Tri Tegar Marunduri. 

Kongkres yang dibaca oleh Ketua KNPI Pasbar Tri Tegar Marunduri tentang isi sumpah pemuda yakni 'Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Inspektur upacara Kapolres Pasbar AKBP Aries Purwanto membacakan pidato menteri Pemuda dan Olahraga yang isinya menekankan kepada pemuda bahwa di hari sumpah pemuda memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap, primordial, suku, agama, ras, dan kultur. Serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. 

Telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun fungsi kebangsaan dan dengan sumpah pemuda yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting. Karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini adalah 'Bersatu Bangun Bangsa'," katanya.

Ia melanjutkan, tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

"Sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan. Mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil, dan makmur," ucap Kapolres Pasbar AKBP Aries Purwanto.

Kemudian, lanjutnya secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang, juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.  

"Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya," katanya.

Di akhir upacara sumpah pemuda diisi dengan penampilan puisi dari Athifa Permata Ayunda siswa kelas 7 MTsN Pasaman Barat dan penampilan dari Polisi Cilik (Pocil) Binaan Polres Pasbar yang berhasil meraih juara I pada lomba Pocil ditingkat Polisi Daerah (Polda) se-Provinsi Sumbar tahun 2022.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update