Pimpin Rapat Evaluasi, Bupati Pasbar Ajak Giatkan Kembali Program Tahfidz tingkat SD/SMP
×

Adsense

Adsense Mobile

Pimpin Rapat Evaluasi, Bupati Pasbar Ajak Giatkan Kembali Program Tahfidz tingkat SD/SMP

Selasa, 18 Oktober 2022 | 23.00 WIB Last Updated 2022-10-18T16:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Hamsuardi
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Pelaksanaan Program Tahfidz tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini, sudah menjadi komitmen kita bersama. Namun dari evaluasi yang dilakukan di lapangan, masih terjadi perbedaan pendapat dan perbedaan semangat. Karena ini sudah menjadi program bersama dan merupakan cita-cita kita bersama, mari kita galakkan kembali.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan Program Tahfidz pada satuan pendidikan di Aula kantor bupati setempat, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan evaluasi yang diikuti Pengawas SD dan SMP, Kepala SD serta SMP Negeri/ Swasta se-Kabupaten Pasaman Barat itu berlangsung selama tiga hari, mulai 18 hingga 20 Oktober 2022. 

Dalam pemaparannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan sesuai kesepakatan, hafalan dimulai dari Surat Al-Baqarah yang terdiri dari 286 ayat.

Ia meminta agar pihak sekolah mengadakan rapat untuk pembagian ayat yang akan dihafal setiap minggunya. Setiap hari Rabu dan Sabtu, siswa wajib menyetor ayat pada jam terakhir proses belajar mengajar. 

"Sekolah menyiapkan format setor ayat mulai dari nama sekolah, kelas, nama siswa, ayat, nama pembimbing serta keterangan pencapaian hafalan siswa dan sebagainya," ucapnya. 

Ia menambahkan, pihak sekolah harus melakukan evaluasi 1 kali dalam 1 bulan. Evaluasi meliputi kendala dan kelemahan pelaksanaan program tahfidz. Kendala tersebut dilaporkan kepada Koordinator Kecamatan (Korcam) untuk mrncarikan solusi. Selanjutnya, Korcam melaporkan kegiatan tahfidz secara tertulis ke Dinas Pendidikan, kemudian tim akan melaksanakan monitoring ke sekolah.

Sementara Perwakilan Kakan Kemenag Pasbar Rali Tasman menegaskan, sangat mendukung Program Tahfidz Al-quran pada satuan pendidikan itu. Program thafidz merupakan usaha dari setiap muslim terutama usia dini untuk memahami, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur'an.

"Banyak diantara kita bacaan shalatnya adalah bacaan yang kita hafal ketika SD dan SMP. Tempat menanamkan hafalan dan meningkatkan kemampuan adalah di usia dini. Alhamdulillah dibeberapa daerah mendapat sambutan luar biasa dengan tahfidz SD dan SMP ini," sebutnya.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update