Polres Kebumen Bentuk Tim SAR Arnavat untuk Penanganan Bencana
×

Adsense

Adsense Mobile

Polres Kebumen Bentuk Tim SAR Arnavat untuk Penanganan Bencana

Rabu, 26 Oktober 2022 | 13.00 WIB Last Updated 2022-10-26T07:41:54Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Polres Kebumen Bentuk Tim SAR Arnavat untuk Penanganan Bencana
Polres Kebumen Bentuk Tim SAR Arnavat untuk Penanganan Bencana. (f/humas)

Kebumen, MJNews.id - Polres Kebumen menggelar pengukuhan kepada Tim SAR Arnavat. Pengukuhan dilakukan Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin di halaman Balai Desa Wiromartan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, saat Apel 3 Pilar kesiapsiagaan menghadapi Bencana Kabupaten Kebumen Tahun 2022.

Dijelaskan Kapolres Kebumen, pengukuhan ini menindaklanjuti arahan Polda Jateng untuk untuk membentuk satu peleton atau setara 30 orang relawan di tingkat Polres, sebagai upaya cepat tanggap terhadap bencana alam ataupun antisipasi bencana kemanusiaan lainnya. 

"Sebagaimana kita pahami bersama, Kabupaten Kebumen merupakan wilayah rawan bencana, baik bencana banjir, tsunami, tanah longsor, maupun angin puting beliung. Sehingga perlu upaya peningkatan kesiapsiagaan," jelas AKBP Burhanuddin, Rabu (26 Oktober 2022).

Pelantikan relawan Arnavat Polres Kebumen Polres Kebumen merupakan langkah-langkah pencegahan dini dan cara-cara mengambil tindakan saat terjadi bencana alam.

Para peserta relawan merupakan warga masyarakat Kebumen yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat dari berbagai daerah di Kebumen. 

Setelah dikukuhkan, para relawan SAR Arnavat siap digerakkan kapanpun mebaur bersama dengan relawan lain yang ada di Kebumen.

Kasat Polairud Polres Kebumen AKP Hari Harjanto menambahkan dengan dibentuknya SAR Arnavat diharapkan dapat menambah kekuatan komunitas relawan di Kabupaten Kabupaten.

Namun demikian, meski telah dibentuk Tim SAR Arnavat, AKP Hari Harjanto berharap wilayah Kebumen selalu kondusif dan tidak terjadi bencana. 

"SAR Arnavat yang dibentuk adalah binaan dari Sat Polairud. Arnavat diambil dari semboyan Polairud 'Arnavat Dharpa Mahe' yang berarti Karena Dilaut Kami Bangga," jelas AKP Hari. 

Lanjut AKP Hari, sejumlah materi pelatihan dan peralatan telah disiapkan Sat Polairud Polres Kebumen untuk peserta Tim SAR Arnavat agar kedepan lebih profesional saat bertindak. 

(Nasir)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update