Polres Yapen Turunkan Baliho Kemerdekaan Negara Republik Melanesia
×

Adsense

Adsense Mobile

Polres Yapen Turunkan Baliho Kemerdekaan Negara Republik Melanesia

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 19.09 WIB Last Updated 2022-10-15T12:09:13Z

Advertisement

Advertisement

Yapen, Mjnews.id - Anggota Polres Kepulauan Yapen terpaksa dengan tegas harus menurunkan baliho yang dinaikkan oleh simpatisan dari Negara Republik Melanesia atau Bintang 14 Melanesia rayon Yapen yang dipasang pada halaman Gereja GKI Jemaat Sion Serui, Sabtu (15/10/2022).

Dari informasi di lapangan, baliho di pasang pagi hari sekitar pukul 06.30 WIT yang sebelumnya melakukan ibadah serta dilanjutkan kembali ibadah setelah di buka tirai dari baliho tersebut dimana dalam tulisan spanduk menerangkan tentang pergantian nama dalam proses perubahan sistem pemerintahan Negara Republik Melanesia dan pembayaran gaji 14 dolar Melanesia bagi ASN pemerintah transit negara Republik Melanesia berdasarkan kepada amnesti internasional 30 tahun 1988-2018.

Saat dikonfirmasi kepada Kapolres Kepulauan Yapen dalam hal ini AKP Lintong Simanjuntak sebagai Kabag OPS Polres Yapen yang turun langsung ke lokasi tersebut mengungkapkan, anggotanya telah menyampaikan kepada mereka untuk tidak menaikkan baliho namun pagi harinya mendapatkan informasi bahwa simpatisan dari Negara Republik Melanesia tetap memasang baliho pada akhirnya harus diturunkan. 

"Kita ini NKRI sedangkan mereka pasang baliho katanya sudah merdeka, mereka berada di atas Negara NKRI jadi tidak bisa, petunjuk dari pihak Polres Kepulauan Yapen bahwa menyampaikan secara persuasif dan humanis untuk mereka bisa menurunkannya" tandas Kabag OPS Polres Yapen.

Lanjutnya, setelah memberikan pemahaman dan pandangan tentang UU 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum harus sesuai aturan-aturan yang berlaku.

"Ya ketuanya tadi bisa memahami dan di akui apa yang mereka lakukan itu tidak benar sehingga anggota kami langsung cabut baliho untuk diamankan ke Polres Yapen sebagai barang bukti dan hingga selesai tadi situasi aman kondusif," ungkapnya. 

Saat melakukan penurunan baliho, diturunkan anggota piket dan Dalmas Polres Yapen dan beberapa anggota lainnya juga dari Polsek Yapen Selatan guna memberikan rasa aman dan kondusif.

(asm)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update