Pordasi Sumbar akan Verifikasi dan Sertifikasi SDM serta Sarana Pacu Kuda
×

Adsense

Adsense Mobile

Pordasi Sumbar akan Verifikasi dan Sertifikasi SDM serta Sarana Pacu Kuda

Senin, 17 Oktober 2022 | 00.00 WIB Last Updated 2022-10-17T04:24:56Z

Advertisement

Advertisement

pacu kuda Tanah Datar Open Race dan Tradisional Tahun 2022
Pacu kuda Tanah Datar Open Race dan Tradisional Tahun 2022. (f/humas)

TANAH DATAR, Mjnews.id - Sebagai evaluasi olahraga berkuda, Pordasi Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan evaluasi terhadap SDM dan Sarana Pacu Kuda, Joki serta Pelatih Kuda. 

Demikian sambutan Ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta, SH yang juga merupakan Walikota (Wako) Sawahlunto saat menyampaikan sambutannya, pada pacu kuda Tanah Datar Open Race dan Tradisional Tahun 2022, di Lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak, Batusangkar, Minggu (16/10/2022).

Ke depan, harus ada evaluasi untuk penataan dan peningkatan kualitas pacuan kuda di seluruh Sumbar.

"Untuk menuju olahraga pacu kuda yang lebih baik ke depannya di Sumatera Barat, kita memulainya dengan evaluasi. Kita lihat seperti apa kondisi sekarang untuk menentukan langkah dan strategi yang cocok untuk perbaikan ke depannya," ungkap  Deri Asta, dalam sambutannya.

Evaluasi akan dilakukan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), sarana-prasarana serta infrastruktur pendukung olahraga pacu kuda.

"Untuk SDM misalnya, semua joki dan pelatih kuda di Sumbar akan diverifikasi melalui  sertifikasi. Hal ini, merupakan sebagai bentuk komitmen dalam memperhatikan, mendampingi, membina dan mengawasi para joki dan pelatih," ujar Wako Deri Asta menjelaskan.

Sementara untuk sarana dan infrastruktur pendukung olahraga pacu kuda, selain disinergikan dengan APBD, juga akan dikordinasikan agar juga memperoleh dukungan dari berbagai pihak, termasuk  pada Kementerian melalui dana CSR dari berbagai perusahaan.

"Intinya, kita akan terus bergerak mewujudkan visi agar pacu kuda di Sumbar harus menjadi lebih baik. Dengan tulus kita mohon dukungan dari seluruh warga masyarakat dan stake holders (pemangku kepentingan), terutama di tingkat pemerintah provinsi hingga kabupaten dan kota se-Sumbar agar melaksanakan serta menyesuaikan dengan visi yang ada," ujar ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta.

Ketua Pordasi Sumbar juga menyebutkan bahwa semangat dan kekompakan untuk menata dan meningkatkan kualitas pacu kuda di Sumbar sudah terasa. Salah satunya, dalam pelaksanaan Tanah Datar Open Race dan Tradisional Tahun 2022 ini.

"Apresiasi kita sampaikan kepada  Pemkab Tanah Datar dan panitia pelaksana, yang telah berhasil pada acara pacu kuda ini menjalankannya secara rapi dan bagus. Hal ini,  menunjukkan pada  persiapan dan kinerja penyelenggara yang berkompeten. Apresiasi juga kita berikan kepada seluruh penonton yang tetap tertib, tidak menganggu konsentrasi pacuan. Sebagai pendukung, dengan menciptakan keamanan dan keselamatan bersama tentunya," ujar Wako Deri Asta.

Dalam kesempatan ini, Deri Asta menyampaikan bahwa Pordasi Sumbar berhasil memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Seri I dan II, yang akan dilaksanakan di Lapangan Pacuan Kuda, Kandi, Sawahlunto, Sumbar.

Selain itu, akan menjadi tuan rumah yang baik dan profesional dalam Kejurnas. Dan pada kesempatan menjadi tuan rumah, salah seorang warga meminta agar  menjadi tuan rumah pada pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

"Semua kesempatan menjadi tuan rumah itu menjadi salah satu motivasi Pordasi Sumbar dalam berbenah, sehingga dapat menjadi pelaksana yang baik dan profesional," pungkas Deri Asta.

(Fd/Yung)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update