Miris! Serahterima Akhir 2021, Bangunan Puskesmas senilai Rp 6 M Lebih Atapnya Ambrol Saat Hujan
×

Adsense

Adsense Mobile

Miris! Serahterima Akhir 2021, Bangunan Puskesmas senilai Rp 6 M Lebih Atapnya Ambrol Saat Hujan

Selasa, 18 Oktober 2022 | 22.16 WIB Last Updated 2022-10-18T15:17:12Z

Advertisement

Advertisement


Purworejo, MJNews.id - Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Purworejo terus dilakukan. Namun di tengah upaya serius yang dilakukan pemerintah, ada fakta miris yang terjadi dengan ambrolnya sebagian atap gedung Puskesmas Pituruh, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Senin (17/10/2022).

Gedung puskesmas Pituruh dibangun dengan menggunakan anggaran DAK tahun 2021 tersebut telah selesai dan diserahterimakan pada 24 Desember 2021 lalu.

Sementara itu, dari pantauan media di lokasi ambrolnya, tampak sejumlah pegawai Puskesmas Pituruh sedang membersihkan ruangan yang terkena air akibat ambrolnya atap gedung.

Pembangunan Puskesmas Pituruh dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Putra Karya Salimindo dan Konsultan Perencana PT Elcentro Engineering Consultant dengan nilai kontrak Rp 6.480.988.874,13 M kini swdang menjadi sorotan publik.

Ada dugaan proses lelang pembangunan Puskesmas Pituruh tidak transparan. "Pasalnya bangunan yang tergolong masih baru kok bisa atapnya ambrol," ujar seorang warga yang tidak mau disebut namanya.

"Gedung yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 6.480.988.874,13 kok sebegitu rapuhnya apa mungkin itu terjadi kalau semuanya dikerjakan dengan baik dan sesuai spek," ujarnya.

Kepala Puskesmas Pituruh, Dr Nur Salim saat di temui awak media tidak banyak memberikan keterangan karena hal itu bukan menjadi kewenangannya. Nur Salim menyarankan untuk menanyakan langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten saja.

"Tadi pagi dari dinas sudah meninjau ke sini dan hari ini mulai ada perbaikan atap yang ambrol oleh pihak pelaksana atau kontraktor," tambahnya.

"Kami di sini hanya sebagai user," pungkasnya.

Kepala DKK, Dr Sudarmi, MM saat diminta keterangan terkait ambrolnya atap gedung Puskesmas Pituruh menjelaskan bahwa terjadinya ambrol atap karena saluran yang ada tersumbat oleh sampah sehingga tidak kuat menahan beban dan menyebabkan terjadinya ambrolnya atap.

Pihak pelaksana atau pemborong saat dihubungi media melalui sambungan telepon tidak diangkat.

(fix)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update