Sport Center Tempat Mencetak Para Talenta Olahraga Kota Padang Panjang
×

Adsense

Adsense Mobile

Sport Center Tempat Mencetak Para Talenta Olahraga Kota Padang Panjang

Kamis, 06 Oktober 2022 | 16.47 WIB Last Updated 2022-10-06T09:47:36Z

Advertisement

Advertisement

Padang Panjang, MJNews.id - Jika tidak ada aral melitang, Sport Center (SC) yang bakal dibangun di Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT). Dibangunnya Sport Center oleh Pemerintah Kota Padang Panjang, bukan hanya sekadar untuk sarana olahraga, tapi juga sebagai tempat pelatihan dan pendidikan atlet yang punya talenta bagus pada masing-masing cabang olah raga. 

Hal tersebut, sesuai dengan keinginan kepala daerah. Sport Center menjadi tempat mencetak para atlet, tempat pelatihan dan pendidikan olahraga. "SC yang bakal dibangun juga akan memperhatikan segala aspek, memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat," ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar), Drs. Maiharman, Kamis (6/10/2022).

Cita-cita menjadikan SC sebagai tempat pembibitan para atlet, menurut Maiharman, sangat relevan. Lantaran kualitas udara Padang Panjang sehat dan jauh dari polusi. "Padang Panjang dinilai berada di lokasi yang sangat strategis dengan udara yang bersih. Sangat sesuai sebagai tempat pendidikan para atlet," ujarnya.

Diceritakan Maiharman, SC masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Upaya pembangunan SC dimulai pada 2019, melalui kajian.Dari kajian itu SC layak dibangun di Kota Padang Panjang. 

Langkah pembebasan lahan lewat kesepakatan pemilik lahan, lanjut Maiharman, dilakukan pada 2019- 2020. 

"Ada kesepakatan pemilik lahan melepas lahannya. Kemudian dilakukanlah appraisal (penilaian) harga tanah," sebutnya.

Kemudian dilakukan tahapan pembayaran tanah kepada pemilik lahan pada April dan Desember 2020. Pembayaran berlanjut pada Mei dan Desember 2021. 

"Total lahan pembangunan SC 5,7 hektare. Peletakan batu pertama dijadwalkan 10 Oktober ini," ujarnya.

Keinginan pembangunan sarana prasarana olahraga, kata Maiharman, sudah sejak lama direncanakan. Hal itu ada pada visi  jangka panjang Kota Padang Panjang 2005-2025 yakni  “Kota yang Maju, Lestari dan Islami”.

Kata maju yang dimaksud disini, menurutnya, ditandai dengan sarana dan prasarana yang memadai. 

"Alhamdulillah,  setelah sekian lama, keinginan memiliki sarana prasana olahraga yang representatif, insyaa Allah bisa diwujudkan dengan pembangunan Sport Center," tuturnya.

(Son)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update