Terminal 2F Internasional Bandara Soetta Dioperasikan, 12 Konter Pemeriksaan Keimigrasian Disiagakan
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Terminal 2F Internasional Bandara Soetta Dioperasikan, 12 Konter Pemeriksaan Keimigrasian Disiagakan

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 11.30 WIB Last Updated 2022-10-01T06:46:10Z

Advertisement

Advertisement

Konter Pemeriksaan Keimigrasian di Terminal 2F Internasional Bandara Soetta
Konter Pemeriksaan Keimigrasian di Terminal 2F Internasional Bandara Soetta. (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id - Setelah beberapa tahun ditutup untuk penerbangan internasional, kini Terminal 2F Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) telah difungsikan kembali. Dalam tahap awal pembukaan penerbangan internasional, Terminal 2F hanya akan melayani penerbangan khusus umroh dari Maskapai Lion Air. 

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengaku bahwa Imigrasi Soetta sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasana pendukung untuk melancarkan proses pemeriksaan keimigrasian di Terminal 2F. 

“Jauh sebelum pembukaan kembali Penerbangan Internasional lewat Terminal 2F ini, berbagai persiapan telah kita lakukan. Mulai dari kesiapan sistem pemeriksaan, hingga kesiapan para petugas dilapangan, koordinasi dengan berbagai stakeholder di Bandara telah kita lakukan," jelasnya, Sabtu (1/10/2022). 

Tito menjelaskan, saat ini telah disiagakan setidaknya 12 Konter Pemeriksaan Keimigrasian. Momen pembukaan kembali Terminal 2F ini tentu menjadi sinyal positif akan adanya pemulihan dari Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia beberapa tahun terakhir. 

“Pembukaan kembali Terminal 2F ini, tentu harus kita sambut secara positif karena menjadi tanda bahwa penerbangan internasional di Bandara Soetta telah benar-benar pulih. 12 Konter Pemeriksaan yang kita siapkan telah kita cek dan pastikan sistem perlintasan telah berjalan dengan baik, versi yang digunakan pun telah yang terbaru sama dengan sistem di Terminal 3," imbuhnya. 

Meski dalam tahap awal pembukaan, Terminal 2F hanya melayani penerbangan khusus umroh, namun Tito menegaskan bahwa hal ini tentu tidak akan mengurangi kesiagaan Petugas Imigrasi dalam melakukan pemeriksaan, setiap orang yang melintas keluar dan masuk wilayah Indonesia akan melalui proses pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Saya selalu menegaskan kepada para petugas dilapangan agar tetap waspada dalam melakukan tugas, potensi akan penyalahgunaan visa umroh pasti akan ada, oleh karena mereka yang terbukti tidak sesuai dengan aturan maka akan ditunda proses keberangkatannya," tegasnya. 

Sebagai informasi tambahan, pada hari pertama pembukaan penerbangan internasional lewat Terminal 2F, sebanyak 970 penumpang telah diizinkan untuk keluar Wilayah Indonesia. Semua penumpang ini merupakan Jemaah Umroh yang menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT80-JT86-JT110. 

“Alhamdulillah, tadi sudah dilakukan clearance terhadap penebangan kloter pertama keberangkatan Jemaah Umroh di T2. Semua telah diperiksa oleh para petugas dilapangan dan tidak ditemukan adanya masalah," tutup Tito. 

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update