Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Panggah Susanto Adakan Bimtek Akselerasi Ekspor di Purworejo
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Panggah Susanto Adakan Bimtek Akselerasi Ekspor di Purworejo

Kamis, 20 Oktober 2022 | 15.30 WIB Last Updated 2022-10-20T11:24:53Z

Advertisement

Advertisement

Panggah Susanto Adakan Bimtek Akselerasi Ekspor di Purworejo
Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Ir. Panggah Susanto Adakan Bimtek Akselerasi Ekspor di Purworejo. (f/m. taufik)

Purworejo, MJNews.id - Bimtek Teknis akselerasi ekspor produk pertanian Jawa Tengah diselenggarakan dalam rangka meningkatkan hasil pertanian Purworejo, digelar di Aula Hotel Plaza, Kamis (20/10/2022).

Bintek diinisiasi dan disupport langsung oleh Anggota Komisi IV DPR-RI dari partai Golkar, Ir. Panggah Susanto, membahas masalah dasar yang dihadapi petani lokal seperti ketersediaan benih unggul serta pasca panen, terutama pada komoditas Kacang hijau yang mulai dilirik pasar ekspor.

Acara bimtek diikuti oleh kelompok tani dan petugas PPL di Kabupaten Purworejo dan dihadiri oleh Kepala Balai Karantina Pangan Provinsi Jawa Tengah, Ir Turhadi yang diwakili oleh Drh R. Pratiwi, Ir Jayadi dari Dinas Pertanian Kabupaten Purworejo, Ir Supri Haryanto,bDrs Priyo Catur Husodo dan Yogo Trianto R Tenaga Ahli dari Ir Panggah Susanto serta Khamdan Wibowo Direktur CV PB utama, Penyedia Benih dan sekaligus penampung Kacang hijau dari Desa Megulung Lor Pituruh.

Drs Priyo Catur Husodo dalam sambutannya mengajak kepada para petani dan pelaku usaha pertanian untuk lebih meningkatkan gerakan menanam komoditi pertanian yang mempunyai nilai jual expor dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup para petani.

"Pak Panggah Susanto selaku anggota DPR-RI yang mewakili dapil VI meliputi Kabupaten Purworejo, Magelang, Magelang Kota, Temanggung dan Wonosobo akan selalu mendorong dan memfasilitasi para petani dengan cara mensuport bantuan alsintan dan mengadakan bintek pertanian seperti yang di lakukan hari ini," katanya.

"Pokoknya Pak Panggah siap memfasilitasi kebutuhan petani demi kesejahteraan hidup kaum petani di dapil VI," pungkasnya.

Kepala Balai Karantina Pertanian Provinsi Jawa Tengah Ir.Turhadi melalui Drh Mengatakan kegiatan Bimtek sebagai dukungan kepada kementerian pertanian dalam memberikan bimbingan teknis dalam rangka pendampingan peningkatan kwalitas dan kwantitas dan akselerasi produk produk pertanian sehingga harapannya produk pertanian yang di hasilkan para petani mempunyai nilai jual yang tinggi, serta memutus mata rantai exspor hasil tani yang selama ini masih melalui pihak lain.

"Dengan bimtek petani akan kita dorong agar bisa menjual hasil taninya langsung ke Exsportir tidak lagi melalui pihak ketiga, sehingga akan dicapai kesejahteraan hidup bagi para petani itu sendiri," jelasnya.

Mengingat di tengah liberasi dan globalisasi, perdagangan mempunyai banyak konsekuensi maka perlu adanya kemitraan dalam hal pengelolaan management, tak ubahnya seperti produk pertanian perlu adanya pendampingan dalam budi daya tanaman,

"Kami dari CV PB Utama di gandeng kementerian pertanian sebagai salah satu produsen dan penyedia bibit kacang hijau dengan kualitas unggul. Seperti kacang hijau dari Pituruh Purworejo merupakan yang terbaik dibanding kacang hijau dari daerah lain," ujarnya.

"Oleh karena itu, CV PB Utama akan menggandeng kelompok tani di Purworejo untuk meningkatkan hasil produksinya dengan memperlebar serta memperluas daerah penghasil kacang hijau di Purworejo tidak hanya di Pituruh saja tetapi bisa merambah ke semua daerah," harapnya.

Pauzi salah satu peserta Bimtek dari Kutoarjo menyambut baik kegiatan bimtek yang dilakukan oleh Pak Panggah, dan dirasakan sangat bermanfaat bagi para petani dalam meningkatkan hasil pertanian maupun kesejahteraan hidup para petani.

(fix)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update