Tomat Sebagai Perawatan Alami Kulit Wajah
×

Adsense

Adsense Mobile

Tomat Sebagai Perawatan Alami Kulit Wajah

Jumat, 21 Oktober 2022 | 01.00 WIB Last Updated 2022-10-21T07:52:13Z

Advertisement

Advertisement

Tomat
Tomat.

Oleh: Yolanda Sugara Putri

Mjnews.id - Apa itu tomat? Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, tomat masih berkerabat dengan terung, kentang dan paprika. Tomat sendiri termasuk buah karena strukturnya mempunyai daging dan biji yang aman apabila tertelan atau dimakan.

Tomat merupakan buah yang memiliki warna merah menarik serta kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C. Maka tidak salah kalau tomat sangat bermanfaat menjaga sistem imun tubuh. Tiap 100 gram tomat mengandung kalori 20 kal, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 4,2 gram, kalsium 5 miligram, karoten (vitamin A) 1500 SI, thiamin (vitamin B) 60 mikrogram, asam Askorbat (vitamin C) 40 miligram, fosfor 27 miligram, zat besi 0,5 miligram, potassium 360 miligram.

Sebelum kita mengetahui manfaat tomat sendiri untuk perawatan kulit wajah kita juga harus mengetahui beberapa jenis tomat dan penggunaannya.

Jenis tomat secara umum dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya :
Tomat Plum adalah sebutan untuk buah tomat yang bentuknya seperti buah plum. Bentuknya bulat lonjong berdaging tebal, mengandung banyak air dan berkulit tipis. Tomat plum mempunyai rasa yang agak asam. Tomat plum umumnya digunakan dalam berbagai masakan yang membutuhkan rasa segar seperti sambal, tumisan, sup, serta dibuat minuman seperti jus atau rujak tomat. Sering disebut processing tomato atau paste tomato, karena umumnya diolah menjadi pasta atau saus.

Tomat anggur mempunyai bentuk serupa dengan buah anggur. Baik dalam bentuk ataupun untaiannya. Tomat anggur merupakan jenis tomat yang paling kecil diantara lainnya. Tomat anggur mempunyai bentuk yang bulat, berasa manis dengan daging yang tidak tebal dan kadar air yang tidak terlalu banyak.

Karena bentuknya yang seperti anggur dan rasanya yang manis, tomat ini sering dikonsumsi begitu saja atau digunakan sebagai salah satu bahan dalam salad buah. Tomat anggur juga jarang sekali dijumpai di Indonesia karena orang Indonesia memang jarang mengonsumsi buah tomat secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Tomat ceri ini hampir mirip dengan tomat plum. Namun, mempunyai rasa yang lebih manis. Tomat ceri ini bentuknya kecil agak lonjong. Rasanya manis dan mengandung banyak air. Ketika masih muda tomat ceri berwarna hijau pucat dan ketika sudah masak warna berubah menjadi oranye kemerahan. Karena memilki bentuk yang cantik, seperti halnya tomat anggur, tomat ceri juga biasanya digunakan sebagai pelengkap salad, hiasan makanan, atau dimakan dalam keadaan segar.

Tomat Pear yang berasal dari Benua Eropa ini, memang mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan buah pear, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Tomat pear rasanya manis dan memiliki warna beraneka ragam, yaitu merah, oranye, dan kuning. Tomat pear biasanya dikonsumsi segar, sebagai pelengkap salad, sebagai campuran minuman, atau hiasan makanan.

Tomat Beef orang Amerika menyebutkan beefsteak tomato karena berdaging tebal. Tomat beef ini memilki bentuk yang paling besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Berat per buah sekitar 500 gram atau lebih. Bentuk bulatnya tidak mulus, bahkan ada yang tidak beraturan atau berulir. Kulit tipis, memiliki banyak ruang biji. Selain bentuknya besar, daging buahnya juga tebal, bijinya tidak terlalu banyak dan kadar airnya sangat sedikit sehingga jika diiris tidak menjadi basah dan berair. Rasa tomat beef ini sedikit asam, dan sangat cocok digunakan sebagai, sayuran dan hiasan makanan pada sandwich ataupun burger. Namun, kadang tomat jenis ini juga ditambahkan dalam berbagai jenis sup, tumisan, atau jenis masakan lain.

Tomat Globe memiliki bentuk bulat yang seragam dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Rasanya tidak terlalu asam. Kerap digunakan dalam makanan utama, salad, sandwich dan burger. Karena selalu dipotong atau diiris saat mengolahnya, tomat jenis ini sering disebut sebagai slicing tomato. Tomat jenis ini yang banyak di jual dipasaran Indonesia.

Tomat Oxheart ukuran bisa menyamai beef tomato. Yang membedakan adalah siluetnya mirip stroberi. Memiliki bentuk lonjong dengan daging buah yang banyak ruang biji yang sedikit.

Tomat Campari ukurannya lebih besar dari tomat ceri dan lebih kecil dari tomat plum, berbentuk bulat seperti tomat globe. Tomat ini juga sering disebut sebagai cocktail tomato. Lazim dijual dengan tangkainya.

Lalu, apa manfaat tomat bagi kulit wajah?

Jika berbicara mengenai manfaat buah tomat, bisa kita lihat bahwa buah tomat kaya akan manfaat terutama bagi kulit wajah. Beberapa manfaat tomat yang harus anda ketahui bisa kita lihat sebagai berikut :

Pertama, Tomat bermanfaat untuk mengatasi sel kulit mati. Tomat memiliki enzim yang menjadikannya bagus sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Kedua, Tomat bisa bermanfaat sebagai Pengurangan minyak yang berlebih bagi kulit wajah. Kulit berminyak yang parah bisa sangat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan. Namun bahan alami ini menawarkan manfaat yang baik untuk memerang dan mengurangi kandungan minyak dari kulit.

Ketiga, Tomat dapat menghidrasi kulit wajah. Seperti yang diuraikan sebelumnya, manfaat tomat untuk wajah adalah membantu mengurangi kulit berminyak. Namun minyak alami pada kulit sama sekali tidak terpengaruh jumlahnya. Faktanya, tomat bersifat sangat menyeimbangkan kelembaban yang dibutuhkan kulit. Terutama jika kulit kamu relatif kering, gunakan tomat sebagai minuman atau masker untuk menghidrasi dan kulit wajah bercahaya alami.

Keempat, Mencegah munculnya jerawat. Penyebab jerawat adalah kotoran, minyak, dan bakteri yang terjebak di kulit dan pori-pori. Untuk mencegah kemunculan jerawat, kamu bisa mencoba mengaplikasikan tomat. Bahan alami ini mengandung vitamin A, C, dan K, dan asam yang membantu menjaga tingkat pH kulit dan pembersihan mendalam. Memang mungkin tidak cukup mengandalkan tomat untuk mencegah kemunculan jerawat, namun setidaknya tomat dapat membantu mencegah kulit berjerawat.

Kelima, Mengencangkan Pori-pori Kulit. Saat pori-pori besar dan terbuka, maka kotoran dan debu menempel pada kulit. Kemudian kotoran dan debu bercampur dengan minyak alami pada kulit yang memicu jerawat. Manfaat tomat untuk wajah berpori-pori besar ini bekerja mengecilkan pori-pori dan tampilannya menjadi lebih halus.

Keenam, berperan sebagai pelindung alami dari Matahari ( Natural Sun Protector ). Kamu bisa mencoba tomat yang berperan sebagai pelindung alami dari matahari. Tomat mengandung likopen yang melindungi kulit dari efek sinar UV yang berbahaya. Selain tetap menggunakan produk tabir surya, kamu bisa gunakan tomat sebagai perlindungan ekstra.

Ketujuh, Menenangkan kulit yang sensitif dan iritasi. Dengan menggunakan tomat, maka kulit sensitif dan teriritasi dapat ditenangkan. Tomat bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan dengan kandungan seperti beta karoten, lutein, vitamin C dan E.

Yang terakhir, Menghasilkan Kulit Wajah Glowing. tomat untuk wajah, kandungannya bagus untuk membantu produksi kolagen pada tubuh. Kolagen merupakan protein yang berguna memberi struktur pada kulit. Sehingga kamu memiliki kulit dengan clear texture dan membuat kulit wajah tetap lembut dan glowing setiap waktu.

Penulis, Mahasiswa Jurusan Antropologi Sosial Universitas Andalas Padang.

(***)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update