Waqaf 1000 Hafiz ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung
×

Adsense

Adsense Mobile

Waqaf 1000 Hafiz ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung

Minggu, 23 Oktober 2022 | 15.30 WIB Last Updated 2022-10-23T12:26:22Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Waqaf 1000 Hafiz ke-7
Waqaf 1000 Hafiz ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung. (f/prokopim)

Batusangkar, Mjnews.id - Meski diwarnai gerimis, namun tidak mengurangi hikmatnya pelaksanaan Waqaf 1000 Hafizh ke-7 tahun 2022, Minggu (23/10/2022) di halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar.
 
Ketua Panitia Pelaksana Iqbal Ramadi Payana yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan, kegiatan Waqaf 1000 hafizh bertujuan mendorong semangat dan minat baca untuk menghafal Al Qur'an untuk mencapai Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani. 

"Kegiatan Waqaf 1000 hafiz juga bersinergi, sejalan untuk mendukung Program Unggulan Tanah Datar yakni Program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah yang nantinya 15 sampai 20 tahun, generasi muda dan pemimpin di Tanah Datar adalah penghafal Al Qur'an," sampainya. 

Dikatakan Iqbal, 1000 peserta Waqaf merupakan hasil seleksi dua tahap yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Masjid Nurul Amin Pagaruyung. 

"Dari hasil seleksi telah menghasilkan 38 orang peserta terbaik dari kecamatan dan masing-masing kelompok. Dan juga berhasil menentukan 6 nagari terbanyak yang telah memasang stiker 1 rumah 1 hafizh/hafizah," sampainya. 

Iqbal juga mengatakan, para peserta Waqaf akan diberikan sertifikat dan medali yang akan diserahkan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar serta Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan akan diakhiri dengan tausyiah oleh Ustad H. Wijayanto dari Jogjakarta. 

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengatakan ia begitu terharu melihat dan menyaksikan semangat generasi muda dan orang tua yang telah mampu berpartisipasi dalam kegiatan Waqaf 1000 hafiz ke 7 tahun 2022 ini. 

"Terima kasih kepada seluruh panitia dan dukungan Lajnah Tahfizul Qur'an, Forum Komunikasi Rumah Tahfizh dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, namun yang istimewa kepada orang tua yang telah mendorong dan membimbing anaknya untuk menjadi seorang hafizh atau hafizah," ujar Eka. 

Diungkapkan Eka lagi, pelaksanaan Waqaf 1000 Hafiz tahun ini yang dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung menjadi pengobat rindu dan semangat baru bagi masyarakat Tanah Datar, karena 2 tahun belakangan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas di Indojolito. 

"Alhamdulillah, kegiatan Waqaf tahun ini bisa dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung semoga menjadi awal dan penambah semangat kita semua untuk menjadi penghafal Al Qur'an yang sejalan dengan Program Unggulan 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah di Tanah Datar," katanya. 

Untuk Program Unggulan 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah, tambah Eka, telah terpasang sebanyak 2.798 stiker yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Datar. 

"Saya bersama pak Wabup dan dukungan DPRD komit untuk melaksanakan program keagamaan seperti Waqaf 1000 hafiz dan Progul 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah. Dan, Alhamdulillah untuk mendukung tercapainya itu, saat ini sudah ada 268 Rumah Tahfiz yang membina para generasi muda untuk menjadi hafizh/hafizah," sampai Eka. 

Eka juga menyampaikan, setidaknya dampak terhadap komitmen dukungan terhadap bidang keagamaan ini telah membuahkan hasil yang membuat Tanah Datar bangga di tingkat Nasional. 

"Pada MTQ Nasional di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, dari 8 kafilah asal Tanah Datar yang mewakili Sumbar, 4 kafilah mampu meraih prestasi juara 2, 3 dan juara harapan. Tentu ini menjadi kebanggaan dan motivasi bagi kita semua masyarakat Tanah Datar," tukas Eka. 

Sebelumnya Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan Waqaf 1000 Hafiz ke 7 Tahun 2022. 

"Selamat dan sukses atas penyelenggaraan kegiatan Waqaf hari ini, tak terasa sudah melaksanakan untuk ke tujuh kalinya, dan setidaknya sudah ada 7.000 hafizh. Semoga ke depan bisa mengamalkan isi dan kandungan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Sumbar, Forkopimda Tanah Datar, Bupati Periode 2005 - 2015 Shadiq Pasadiqoe, Wakil Bupati Periode 2005 - 2010 H. Masnefi yang juga ketua MUI Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, ketua TP PKK periode 2016-2021 Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi dan undangan lainnya. 

Adapun 6 Nagari terbanyak dalam memasang stiker pada 1 rumah 1 hafiz/hafizah adalah :
  1. 1Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan sebanyak 296 stiker
  2. Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto sebanyak 259 stiker
  3. Nagari Simawang Kecamatan Rambatan sebanyak 141 stiker.
  4. Nagari Padang Gantiang Kecamatan Padang Ganting sebanyak 121 stiker.
  5. Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan sebanyak 86 stiker
  6. Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto sebanyak 81 stiker. 

Sementara itu, untuk yang terbaik menurut kategori adalah :
  1. Kategori SD/sederajat, untuk Pria adalah Yazid Ali Ikram hafalan sebanyak 10 Juz dari Rumah Tahfiz (RT) Hira Jihad, sedangkan Putri adalah Kaysha Aziza Humaira sebanyak 5 Juz dari RT Karamatul Qur'an. 
  2. Kategori SMP/sederajat, untuk pria adalah Muhammad Abdul Karim sebanyak 10 juz dari RT. Haji Sumanik, sedang Putri adalah Siti Maryam Karomah sebanyak 10 juz dari RT. Haji Sumanik.
  3. Kategori SMA/sederajat, untuk pria adalah Muhammad Rafi sebanyak 15 juz dari RT. Mukhlisin, sedang putri adalah Sabrina Muslihah sebanyak 15 juz dari MAN 2 Batusangkar.
  4. Kategori Mahasiswa, untuk pria adalah M. Bayu Kusuma sebanyak 10 juz dari RT. Nurul Hikmah, sedangkan putri adalah Misrayatul Husna sebanyak 5 juz dari RT. Al Kautsar.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update