Alhamdulillah, Jenazah Arfif Fadrul Rahman Akhirnya Berhasil Dievakuasi
×

Adsense

Adsense Mobile

Alhamdulillah, Jenazah Arfif Fadrul Rahman Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Selasa, 22 November 2022 | 11.44 WIB Last Updated 2022-11-24T04:49:37Z

Advertisement

Advertisement

Mara Ondak berikan keterangan pers
Sekda Pasaman, Drs Mara Ondak berikan keterangan pers terkait berhasilnya evakuasi jenazah Arfif Fadrul Rahman, korban tenggelam di Air Terjun Bayang Aia, Jorong Tanjung Alai, Nagari Pauah, Kecamatan Lubuk Sikaping. (f/ist)

Pasaman, Mjnews.id - Jenazah Arfif Fadrul Rahman yang akrab dipanggil Afif, siswa kelas XI MAN 1 Negeri Lubuk Sikaping korban tenggelam di Air Terjun Bayang Aia, berhasil dievakuasi pada Selasa (22/11/2022) pagi, setelah 10 hari tenggelam.

Dengan semangat dan kegigihan dalam bekerja akhirnya atas izin Allah SWT, jenazah almarhum berhasil dievakuasi dari lokasi musibah di Murai Tinggi, Air Terjun Bayang Aia Jorong Tanjung Alai Nagari Pauah, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Arfif Fadhrul Rahman yang mengalami nasib naas harus berpulang ke Rahmatullah pada usia muda 17 tahun menimbulkan rasa simpati yang begitu luas dari seluruh masyaerakat, tidak saja dari masayarakat Pasaman juga dari masyarakat luar Pasaman yang mengetahui dan mengikuti perkembangan Evakuasi dari jenazah Arfif Fadrul Rahman ini.

"Proses evakuasi tidaklah mudah dilakukan oleh Tim TRC, Basarnas Pasaman yang dibantu oleh masyarakat Jorong Tanjuang Alai dan Sungai Pandahan," ungkap Sekda Pasaman, Drs Mara Ondak yang pada Evakuasi hari keempat, Rabu 16 November 2022, yang langsung terjun ke lokasi musibah di Air Terjun Bayang Aia untuk melihat langsung lokasi dan proses evakuasi juga ikut bersama sama dengan Tim yang bekerja melakukan evakuasi.

Namun tantangan lain muncul dari evakuasi ini, ungkap Sekda Pasaman ini lebih lanjut yakni cuaca ekstrim berupa hujan yang terus terjadi sepanjang hari yang sangat menghambat jalannya evakuasi.

Setelah segala upaya dilakukan hingga hari kelima, Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Bupati Benny Utama, SH, MM dan wakilnya Sabar AS akhirnya melakukan koordinasi dengan pihak TNI melalui Dandim 0305 Pasaman yang akhirnya sejumlah anggota TNI dari kesatuan marinir Lantamal II Padang ikut membantu kelancaran evakuasi jenazah Arfif Fadhrul Rahman.

Wakil Bupati Sabar AS yang ikut mendampingi tim evakuasi bersama marinir dari Lantamal II Teluk Bayur Padang pada hari Sabtu 19 November 2022 mulai melanjutkan evakuasi bersama Tim TRC dan Basarnas Pasaman dibantu oleh Kepolisian Resor Pasaman dan dari Kodim 0305 Pasaman.

Setelah ke delapan, jenazah belum juga berhasil dievakuasi yang akhirnya pada hari ke sembilan dengan segala upaya yang dilakukan termasuk dengan kumandang azan di lokasi hingga doa seluruh lapisan masyarakat, jenazah Arfif akhir berhasil dikeluarkan dari lobang dan jepitan kayu-kayu yang selama evakuasi menjadi penghalang.

"Memasuki hari ke sepuluh dengan dipimpin Wakil Bupati dan Sekda Pasaman PLT Kasat Pol PP Djoko Rifanto Kalak BPBD Wakapolres Pasaman dan segenap unsur yang terkait, jenazah Arfif diangkat dari lokasi musibah yang selanjut dibawa ke RSUD Lubuk Sikaping untuk dilakukan pemulasaraan jenazah dan Alhamdulillah," ungkap Sekda Pasaman, jenazah Arfif utuh dan tidak kurang sesuatu apa pun jua.

Selesai pemulasaraan, jenazah dimasukkan ke dalam peti jenazah dan diantar ke rumah duka untuk dishalatkan lalu secara bersama-sama dikebumikan di pemakaman Keluarga di Jorong Satu Sungai Pandahan, Nagari Sundatar, Kecamatan Lubuk Sikaping.

(*/rh)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update