Anggota DPR RI Selenggarakan Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di Padang Panjang
×

Adsense

Adsense Mobile

Anggota DPR RI Selenggarakan Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di Padang Panjang

Sabtu, 12 November 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-11-11T22:00:00Z

Advertisement

Advertisement

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Sebanyak 70 orang dari Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan) ikuti Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan yang diselenggarakan Anggota DPR RI, Dr. Hermanto, S.E, M.M di aula Hotel Rangkayo Basa, Jumat (11/11/2022).

Hermanto menyampaikan, sosialisasi ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna menambah nilai tambah produk perikanan bagi poklahsar.

“Kegiatan ini merupakan bimbingan teknis atau sosialisasi sebagai bentuk keseriusan dari Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah terhadap peningkatan mutu, yang harus dijaga untuk produk-produk olahan ikan,” jelasnya. 

Hermanto mengharapkan, poklahsar ke depan bisa mengembangkan produk-produk pengolahan dari ikan. Seperti pembuatan dinsum dari olahan ikan.

"Kita harap dengan adanya kegiatan ini para pelaku UMKM bisa menambah ekonomi dan menurunkan inflasi di daerah, serta bisa mendorong para pelaku poklahsar untuk berinovasi produk-produknya," katanya.

Sementara itu Koordinator Industri Mikro Kecil Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Trias Narotama menyampaikan, kegiatan ini merupakan peluang bagi para poklahsar untuk menambah nilai tambah produknya.

"Kami dari Kementerian selalu semangat dan berkomitmen untuk mendukung para pengusaha produk olahan. Gunanya untuk meningkatkan daya saing agar produk mereka bisa dipasarkan. Seperti saat ini, kami sudah ada memberikan sosialisasi pembuatan makanan kaleng," katanya.

Ke depan tambah Erwin, KKP akan memberikan pembinaan khusus pengolahan ikan bagi pelaku poklahsar yang ada di Padang Panjang.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Ade Nafrita Anas, M.P mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kualitas produk perikanan di Padang Panjang.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam meningkatkan produk olahan dari poklahsar Padang Panjang," ucapnya.  

(cgs/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update