Bappeda Pasbar Gelar Sosialisasi sekaligus Penandatanganan Komitmen Inovasi Daerah

Bupati Hamsuardi tandatangani komitmen inovasi daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat
Bupati Hamsuardi tandatangani komitmen inovasi daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (30/11/2022). (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar sosialisasi inovasi sekaligus penandatanganan komitmen inovasi daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (30/11/2022) di aula kantor bupati setempat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi yang dihadiri oleh Sekda Hendra Putra, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Kepala Puskesmas dan stakeholder terkait lainnya.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Pasbar Hamsuardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelaksanaan Inovasi Perangkat Daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, yang menyebutkan bahwa inovasi daerah adalah semua pembaharuan dalam bentuk penyelengaraan Pemerintah Daerah yang diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

“Jadi tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan persamaan persepsi mengenai seluruh inovasi perangkat daerah sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong penciptaan inovasi pada Perangkat Daerah dalam tugas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” jelas Bupati Hamsuardi.

Baca Juga  Gubernur: Peningkatan Lembaga Adat Penting Dukung Pembangunan Sejak dari Nagari

Selain itu lanjutnya, inovasi dilakukan guna memperbaiki pelayanan publik melalui berbagai terobosan, sehingga tercipta pelayanan yang lebih cepat, mudah, nyaman, murah dan lebih baik. Dari kegiatan ini diharapkan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk mampu berinovasi sesuai tugas dan fungsi masing-masing. 

“Inovasi utamanya diarahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mempercepat pelaksanaan program unggulan daerah, yakni Pasbar Mengaji, Pasbar Sehat, Pasbar Cerdas, dan Pasbar Maju dan Sejahtera sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pasaman Barat tahun 2021-2026,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Pemerintah Daerah harus melakukan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, dengan membuat kebijakan yang kreatif, inovatif dan implementatif.

“Untuk itu Perangkat Daerah diberi keleluasaan untuk berinovasi sehingga dapat memberikan kontribusi yang aktif dan nyata dalam membangun Kabupaten Pasaman Barat. Kedepan diharapkan dapat terbentuk komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas dan citra pelayanan publik melalui inovasi,” sebutnya.

Bupati Hamsuardi juga meminta kepada Perangkat Daerah untuk menciptakan inovasi minimal 2 inovasi dalam 1 tahun bagi Kepala Perangkat Daerah dan 1 (satu) inovasi dalam 1 tahun bagi Kepala Bagian, Camat, Wali Nagari dan Kepala Puskesmas, dalam rangka peningkatan kinerja, peningkatan pelayanan publik, dan peningkatan daya saing daerah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga  Jadi Inspektur Upacara di SMAN 1 Talamau, Ini Harapan Gubernur Sumbar

“Menumbuhkan dan menyebarluaskan praktik-praktik inovasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Barat, Harnina Syahputri mengatakan bahwa berdasarkan indeks inovasi daerah dan kabupaten kota dalam Provinsi Sumatera Barat tahun 2021, Kabupaten Pasbar berada di angka 36,32 kategori biru.

“Tentunya kita semua berharap indeks inovasi ini bisa meningkat, dengan kerjasama dan inovasi dari kerja kita masing-masing,” harap Harnina Syahputri

Dalam kesempatan itu, juga diumumkan bahwa Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil, Bappeda dan Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu merupakan OPD yang telah banyak melakukan inovasi.

(wal)