Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Wartawan

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Wartawan
Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Wartawan. (f/maison)

Padang Panjang, MJNews.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Insan Media. Sosialisasi digelar di Gedung Mifan Water Park, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sabtu 5 November 2022.

Helatan yang digelar Bawaslu terkait persiapan Alek Demokrasi yang bakal digelar serentak pada 2024. Untuk itu, Bawaslu, selaku badan pengawas tidak ingin kecolongan dengan hal-hal yang akan merusak hajatan Demokrasi lima tahunan itu dari oknum yang bakal merusak jalannya pesta Demokrasi lima tahunan itu. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadir dalam Sosialisasi itu Bawaslu lengkap dihadiri Komesioner Bawaslu, yakni Ketua Bawaslu, Santina, SP Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Informasi, Jhony Aulia, S.Sos.I, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. 

Guna melancarkar suksesnya alek demokrasi lima tahunan itu, Bawaslu Kota Padang Panjang menggandeng Insan Pers. Puluhan Wartawan ikut menghadiri Sosialisasi yang digelar Bawaslu di Auditorium Mifan Water Park Silaing Bawah, Padang Panjang.

Ketua Bawaslu Santina diwakili Darusman Hendra, SE. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan juga mengajak seluruh elemen bersama-sama mengawasi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

”Kami berharap Dukungan dan partisipasi  Media dan seluruh elemen masyarakat ikut serta mengawasi Proses Tahapan Pemilu dan Pemilihan,” harap Ketua.

Baca Juga  TP PKK Kota Padang Panjang Serahkan Hadiah dari Provinsi

Ketua Bawaslu menjelaskan bahwa wujud nyata Implementasi Undang-Undang 7 Tahun 2017 Bawaslu melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum Partisipatif kepada masyarakat dalam rangka membangun sinergitas seluruh masyarakat dalam melakukan pencegahan terhadap dugaan pelanggaran pemilu. 

Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam setiap tahapan pemilu, peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu sangat diperlukan dalam memastikan terwujudnya pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas.

Kenapa Bawaslu membutuhkan peran Media dan masyarakat?

Slogan Bawaslu adalah Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Artinya, menurut Ketua, media dan masyarakat mempunyai peran penting untuk mencegah terhadap terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu, semua komponen masyarakat juga dapat mengawasi pemilu supaya dapat melahirkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat.

Artinya, media dan masyarakat punya peran yang sangat mendukung akan lancarnya Pemilu serentk yang bakal digelar pada tahun 2024. Sinergitas Media  masyarakat menjadi garda terdepan akan sebuah kesuksesan. “Tanpa media, niscaya tanpa media hebatnya pengawasan dilakukan Bawaslu. Tanpa ekspos yang intens di media semua kerja keras Bawaslu akan terasa hambar,” ujarnya.

Terkait kerja Bawaslu sang Ketua mengatakan, selain kerja rutin di kantor, pengawasan rutin selalu kita lakukan sebagai lembaga pengawas. Hirarkinya, sebagai lembaga yang diberi wewenang penuh oleh penerintah dalam pengawasan bawaslu bekerja sesuai aturan dan UU yang berlaku. Artinya, setiap adanya Indikasi pelanggaran Bawaslu akan selalu menindak sesuai beratnya kadar pelanggaran.

Baca Juga  Pemko Padang Panjang MoU dengan The University of Arizona dan Sampoerna University

Menghadapi Pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kota Padang Panjang bekerja keras untuk megawasi segala pelanggaran dilakukan di lapangan. Budaya uang, dan sogokan dilakukan segelintir oknum dalam memuluskan aksinya, Bawaslu akan selalu gerak gerik oknum yang berencana melakukan pelanggaran.

“Memang, untuk mengawasinya bukan pekejaan gampang. Untuk itu, peran Media sangat kita butuhkan dalam menegakkan Pemilu bermartabat di Bumi Serambi Mekah ini,” ujar Ketua.

Sementara Wartawan Senior Awaludin Awe menyampaikan unek-uneknya mengatakan, alangkah eloknya Bawaslu sebagai badan pengawas memberikan reward bagi Wartawan yang banyak atau rajin memberitakan setiap kegiatan yang dilakukan Bawaslu.

“Reward tersebut bisa berupa Pariwara atau kerja sama yang panjang dengan Media. Selama ini, belum pernah dilakukan,” ujar Awaludin Awe.

(Son)