Besok Puan Maharani Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU Korsel, Ini Alasannya

Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (f/ist)

JAKARTA, Mjnews.id – Ketua DPR RI Puan Maharani akan menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National  University (PKNU), Korea Selatan (Korsel), yang terletak di Busan. Puan diberi gelar doktor kehormatan di Bidang Ilmu Politik berkat dedikasinya selama ini.

Pengukuhan Puan sebagai Doktor Honoris Causa dari PKNU akan dilaksanakan esok hari, Senin 7 November 2022 di College Theatre PKNU. Sebanyak 300 tamu undangan akan menghadiri acara tersebut.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Puan telah tiba di Busan pagi tadi, Minggu (6/11/2022), didampingi oleh sang ibu yang juga Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri. Kedatangan Puan dan Megawati disambut oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto.

Gandi pun menyatakan, Puan akan menjadi penerus trah Soekarno dalam merawat hubungan baik masyarakat Indonesia dengan Korea Selatan. Seperti diketahui, hubungan presiden RI pertama itu dengan Korea terjalin sangat erat.

Baca Juga  Ketua DPD RI Nilai Kenaikan Tarif Candi Borobudur Beratkan Umat Budha

“Bung Karno sangat dihormati bangsa Korea. Legacy yang ditinggalkan Bung Karno diteruskan oleh Bu Mega, dan sekarang Bu Puan akan melanjutkannya,” kata Gandi.

Gandi bercerita, keluarga Soekarno tak hanya dihormati oleh Korea Selatan tapi juga oleh Korea Utara. Hal ini lantaran Bung Karno semasa hidupnya cukup dekat dengan pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung.

“Bu Mega di Korea itu ditokohkan, karena beliau dianggap bisa menjadi jembatan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Bu Mega dianggap sebagai tokoh perdamaian,” jelas Gandi.

Megawati pernah menjadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian. Gandi menyebut, Megawati sering menyampaikan pesan dari Korea Selatan ke Korea Utara.

Baca Juga  Komite II DPD RI Kunjungan Kerja ke Kota Padang

“Bu Mega bisa dengan mudah masuk Korea Utara membantu sebagai komunikator. Tidak semua kepala negara lain bisa begitu. Legacy keluarga Soekarno di sini adalah jembatan antara Korea Utara dan Selatan, walaupun tidak mudah,” terangnya.

Berkat diplomasi perdamaian yang dilakukannya, Megawati mendapat gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA). Megawati juga menerima gelar doktor honoris causa dari beberapa universitas di Korea.