Bupati Pasaman Serahkan 10 Unit Sepeda Motor untuk Penyuluh Agama dan Hibah 5 Persil Tanah

Serahkan 10 Unit Sepeda Motor
Bupati Pasaman Serahkan 10 Unit Sepeda Motor untuk Penyuluh Agama. (f/riki hendra)

PASAMAN, Mjnews.id – Bupati Pasaman, H. Benny Utama, SH, MM serahkan 10 unit sepeda motor untuk penyuluh agama dan hibahkan 5 persil tanah untuk pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) di lima kecamatan di daerah itu.

Dalam arahannya, Bupati Benny Utama mengatakan, khusus program ‘pembangunan manusia” seperti Program Pasaman Cerdas, Pasaman Sehat dan Pasaman Berbudaya, memang sudah berjalan, berikut dengan penganggarannya melalui APBD Pasaman.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ada satu program dan itu paling utama yakni Pasaman Beriman dan Bertaqwa, yang implementasinya masih kurang. Saya sangat berharap, jajaran Kemenag Pasaman bantu susun program ini, agar bisa kita anggarkan serta buat regulasinya,” kata Bupati Selasa (29/11/2022) di halaman Kantor Kemenag Pasaman, dihadiri Kepala Kantor Kemenag Gusman Piliang, para pejabat Kemenag, Kepala KUA, Kepala MAN dan MTsN serta para Penyuluh Agama se-Kabupaten Pasaman

Benny Utama memaparkan konsep ‘Pembangunan Manusia’ Pasaman seutuhnya. Menurut bupati, selain kesehatan, intelegensia atau kecerdasan, peluang usaha serta ekonomi, yang lebih penting lagi dalam konsep ‘Pembanguan Manusia’ adalah membangun spiritualnya.

Baca Juga  Sambut Puncak Haji, Ini Imbauan untuk Jaga Kesehatan Jemaah

Karena, seorang Manusia yang sehat, cerdas dan mapan secara ekonomi, harus memiliki bentengi Iman dan Taqwa dalam dirinya.

“Saya harap teman-teman Kemenag bantu Saya dengan program Imtaq ini. Nanti penganggrannya kita tumpangkan di Bagian Kesra karena bersumber dari APBD, dan eksekusi programnya oleh jajaran Kemenag,” katanya.

Tentang 10 unit sepeda motor untuk para penyuluh agama di kecamatan, baru merupakan tahap awal yang dimulai akhir tahun 2022 ini. Selanjutnya tahun depan, Bupati Benny Utama telah berkomitmen melengkapi lagi untuk seluruh tenaga penyuiuh agama yang berjumlah 21 orang di Pasaman.

“Kenapa hanya 10 sepeda motor yang sekarang, saya ingin tahun ini cukupkan jadi 12, karena KUA kita ada di 12 kecamatan,” ucap bupati.

Ikut disinggung bupati tentang masalah Honor Penyuluh Agama yang masih kecil, dan perlu ditingkatkan di tahun berikutnya.

Bupati Benny Utama yang mengaku bangga dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah jajaran kementerian agama saat itu, juga sempat menjelaskan implementasi program Pasaman Terakses.

Baca Juga  Mulai Tinggalkan Hotel di Makkah, Jemaah Haji Bersiap Pulang ke Tanah Air

“Pembangunan infrastruktur Pasaman sekarang adalah menggempur daerah pinggir. Karena konsep pembangunan itu harus merata dan berkeadilan,” jelasnya.

Dan diungkap, pada tahun anggaran 2023 sudah dialokasikan Rp.23 milyar untuk akses jalan di Kecamatan Mapattunggul Selatan, Rp.21 milyar di Kecamatan Mapattunggul, serta belasan miiyar lainnya untuk akses daerah-daerah tepi lainnya, seperti di Kecamatan Dua Koto, Rao Utara, Tigo Nagari serta lainnya.

“Jalan ke lokasi Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Pasaman di Lubuksikaping, yang akan dibangun Kementerian Agama tahun depan, juga sudah selesai kita aspal tahun ini, dengan dua jalur,” tambah bupati lagi.

Dan penyerahan Aset tetap berupa tanah untuk pembangunan kantor KUA yang dihibahkan Pemda Pasaman, masing-masing berada di Kecamatan Rao, Rao Utara, Rao Selatan, Simpati dan Tigo Nagari.

(Rh)