BWS Sumatera V Bantu Pengerukan Sedimen Sungai Batang Arau Padang
×

Adsense

Adsense Mobile

BWS Sumatera V Bantu Pengerukan Sedimen Sungai Batang Arau Padang

Kamis, 24 November 2022 | 05.00 WIB Last Updated 2022-11-24T09:00:59Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

BWS Sumatera V Bantu Pengerukan Sedimen Sungai Batang Arau Padang
BWS Sumatera V Bantu Pengerukan Sedimen Sungai Batang Arau di Kota Padang. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id - Wali Kota Padang, Hendri Septa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V yang telah memberikan dukungan dalam upaya menjadikan kembali Sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih, asri dan indah.

Dukungan tersebut yaitu berupa bantuan penyediaan kendaraan alat berat untuk melakukan pengerukan sedimen di bawah dasar sungai yang berbatasan langsung dengan Pantai Muaro Padang itu.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita tentu berterima kasih sekali kepada BWS Sumatera V yang telah memberikan dukungan berupa dua kendaraan alat berat untuk mengeruk sedimen di dasar Sungai Batang Arau ini. Upaya ini telah dilakukan dari tiga hari sebelumnya dan akan berlanjut sampai beberapa hari ke depan," ungkap Wali Kota yang langsung mengendarai kendaraan alat berat melakukan pengerukan sedimen dasar Sungai Batang Arau, tersebut, Rabu (23/11/2022) siang.

Menurut Wako Hendri, pengerukan sedimen di sungai yang berada di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan tersebut, merupakan jawaban dari permintaan pihaknya saat rapat bersama pihak BWS Sumatera V beberapa waktu sebelumnya.

Upaya ini, katanya, selain untuk mengangkat sedimen yang telah menumpuk di dasar sungai, juga dalam rangka mengembalikan potensi wisata Sungai Batang Arau sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang ke depan.

"Kita bersyukur BWS V merespon dengan cepat permintaan kita ini. Kita berharap, pengerukan ini memberikan progres yang nyata demi mendukung terwujudnya Sungai Batang Arau sebagai sungai yang bersih dan asri tentunya," tuturnya. 

"Apabila Sungai Batang Arau ini bersih tentu bisa dijadikan destinasi wisata ke depan. Insya Allah mulai saat ini hingga ke depan kita terus berangsur mewujudkannya. Apalagi di 2023 mendatang kita berencana akan menggelar berbagai event di sungai tersebut. Baik festival selaju sampan atau pun event-event lainnya," tukas orang nomor satu di Kota Padang itu mengakhiri.

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila menyebutkan, pengerukan sedimen dasar Sungai Batang Arau kali ini selain mendukung Pemko Padang juga bahagian kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan pihaknya untuk membersihkan dasar sungai dari tumpukan sedimen di beberapa sungai di Kota Padang dan Sumatera Barat.

"Harapan kita sama dengan Pemko Padang. Semoga Sungai Batang Arau ini kembali bersih, asri dan indah dipandang mata. Kita juga berharap, masyarakat mendukung dengan tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai," ujar Dian.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update