Cuaca Ekstrem, Bupati Agam Instruksikan Seluruh Lini Siaga

bencana longsor
Ilustrasi. Bencana longsor di Kabupaten Agam (f/amc)

Lubuk Basung, Mjnews.id – Bupati Agam, Andri Warman instruksikan seluruh lini di Pemkab Agam untuk bergerak bersama membantu penanganan pasca bencana di kabupaten Agam. Sasarannya untuk menekan dan mengurangi risiko kebencanaan terhadap masyarakat.

Upaya bersama menangani dampak kebencanaan yang terjadi, sesuai mekanisme yang ada, akan sangat membantu staket holder terkait di lapangan, mengingat saat ini dampak kebencanaan akibat cuaca ekstrem, volumenya justru semakin tinggi beberapa hari terakhir.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penanganan bersama di lapangan, baik dari unsur terkait di Pemkab Agam, bersama Forkopimda pemerintah kecamatan dan nagari, menjadi kekuatan penting dalam upaya membantu warga terdampak bencana, khususnya dalam upaya mengurangi risiko bencana.

Baca Juga  Hadapi Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan PLN

Demikian Bupati Agam Andri Warman bersama Rahman, Asisten I Sekba Agam, Bambang Warsito, Kepala BPBD Agam dan Khasman Zaini, Kabag Pro-KP Sekab Agam, usai Bupati Agam meninjau lokasi terdampak longsor dan pohon tumbang di kelok 39, Jumat (18/11/2022).

Bupati juga langsung meninjau beberapa lokasi kejadian dampak curah hujan tinggi beberapa hari terakhir, yang berpengaruh hampir di seluruh wilayah kabupaten Agam, terutama di kecamatan Palembayan, Palupuah, Matur, IV Koto, Malalak, Tanjung Raya, Ampek Nagari dan beberapa lokasi lain.

Disebutkan Andri Warman, Kabupaten Agam sebagai salah satu daerah rawan potensi bencana, bahkan dengan potensi kebencanaan yang kompleks, membutuhkan dukungan dan peran aktif semua unsur, bahkan semua lini harus bergerak bersama dalam penanganan kebencanaan di lapangan.

Baca Juga  Padat Karya Infrastruktur Gerakkan Ekonomi Masyarakat Manggopoh

“Kami berharap, kebersamaan dalam penanganan kebencanaan harus betul-betul maksimal, untuk mengurangi dampak dan risiko terhadap masyarakat,“ tegasnya.