Ayo Ikutan! Disparbudpora Nias Barat Gelar Event Aekhula Manari 2022
×

Adsense

Adsense Mobile

Ayo Ikutan! Disparbudpora Nias Barat Gelar Event Aekhula Manari 2022

Rabu, 02 November 2022 | 10.00 WIB Last Updated 2022-11-02T05:47:26Z

Advertisement

Advertisement

Disparbudpora Nias Barat Gelar Event Aekhula Manari 2022
Disparbudpora Nias Barat Gelar Event Aekhula Manari 2022. (f/kominfo)

Nias Barat, Mjnews.id - Dalam rangka meningkatkan daya tarik wisata di daerah masing-masing sesuai dengan harapan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk aktif menghadirkan event-event unggul dan berkualitas di daerah, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga terus berinovasi dalam menciptakan event-event daerah sebagai salah satu stimulus dalam menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satu event yang akan diselenggarakan adalah Event Aekhula Manari 2022 yang merupakan event lomba tari kreasi.

Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., pada Rabu (2/11/2022) menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Event Aekhula Manari antara lain sebagai strategi pemasaran destinasi pariwisata Kabuapten Nias Barat, meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nias Barat, mempromosikan kreativitas budaya melalui seni tari kreasi, melestarikan dan menumbuhkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terutama generasi muda milenial terhadap seni tarian daerah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam ruang lingkup ekonomi kreatif sub sektor video dan seni pertunjukan (tari) dan menggeliatkan ekonomi masyarakat terutama di destinasi wisata Nias Barat.

Lebih lanjut, Imelda Hia, mengatakan bahwa Event Aekhula Manari ini menghadirkan kesempatan kepada sanggar-sanggar atau pelaku dan penikmat tari untuk berlomba menghasilkan tari kreasi yang dikembangkan dari koreografi tari tradisional dengan sentuhan koreografi modern atau kekinian.

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Aktivitas Sarumaha, S.Pd menjelaskan konsep dari Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari adalah peserta membuat video tari kreasi di salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Nias Barat dengan menggunakan musik pengiring yang telah disediakan oleh panitia. Peserta lomba terbuka untuk umum dan wajib dalam bentuk kelompok yang terdiri atas minimal 4 orang dan maksimal 8 orang. Video tari kreasi wajib dalam bentuk landscape (16:9) dengan kualitas video minimal 720 pixel.

Selanjutnya pengambilan video harus utuh mulai dari menit pertama hingga menit terakhir tanpa ada proses jeda atau cut to cut. Untuk proses editing video, peserta diperkenankan untuk menaikkan tingkat kecerahan video dan melakuan proses dubbing backsound musik tari yang disediakan panitia pada video yang dilombakan. Materi video lomba yang telah siap harus diunggah pada instagram milik salah satu peserta atau kelompok lalu menyebutkan nama kelompok serta lokasi pengambilan video pada deskripsi video lalu mengetag dan mengikuti akun instagram @disparbudporaniasbarat.

Video yang diupload harus mencantumkan tagar atau hastag #aekhulamanari2022 #lombatarikreasi #pesonabumiaekhula #kemenparekraf #niasbarat #disumutaja pada video tari. Akun instagram peserta tidak boleh diprivate.

Peserta yang berminat mengikuti ajang Aekhula Manari tidak dikenakan biaya pendaftaran. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan upload link google drive video tari pada link http://bit.ly/aekhulamanari. Batas akhir pendaftaran hingga 17 November 2022. Tersedia total hadiah uang tunai tujuh belas juta rupiah. Selain mendapatkan hadiah kejuaraan dari kegiatan Aekhula Manari, juara pertama akan mendapatkan kesempatan tampil pada acara Traditional Land yang diorganisir Komunitas Walk on Water (WoW) yang merupakan Juara 2 Tingkat Nasional dari Kepulauan Nias pada Acara Karya Musik Anak Komunitas 2021 Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap, peserta dapat mengakses informasi melalui link di atas atau melalui media sosial Facebook Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat dan Instagram Disparbudpora Nias Barat.

(Emuni)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update