Disperdakop UKM Padang Panjang Berikan Coaching Program Rumah Wirausaha kepada UMKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Disperdakop UKM Padang Panjang Berikan Coaching Program Rumah Wirausaha kepada UMKM

Jumat, 25 November 2022 | 13.30 WIB Last Updated 2022-11-25T07:39:11Z

Advertisement

Advertisement

Disperdakop UKM Padang Panjang Berikan Coaching Program Rumah Wirausaha kepada UMKM
Disperdakop UKM Padang Panjang Berikan Coaching Program Rumah Wirausaha kepada UMKM. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Sebanyak 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang Panjang mengikuti kegiatan pendampingan atau coaching guna mengelola usahanya agar lebih profesional sehingga mampu menciptakan wirausahawan yang tangguh, mampu memiliki daya saing, kreatif dan inovatif. 

Kegiatan ini merupakan program Pengembangan UMKM dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM) yang dilaksanakan di Aula Disperdakop UKM, Kamis (24/11/2022). 

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Riny Lisdayani, S.Sos menyampaikan, kegiatan ini satu rangkaian pelaksanaan kegiatan Rumah Wirausaha  2022 yang telah dimulai bertahap sejak April lalu. Dimulai dengan pelatihan kewirausahaan, kemudian dilakukan pendampingan dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelaku usaha.

“Kita telah menyiapkan materi yang dibutuhkan oleh pelaku usaha seperti membuat bisnis plan, menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), motivasi bisnis, menyusun laporan keuangan, kurasi produk, desain kemasan dan branding. Serta materi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk,” terangnya.

Promosi usaha di media sosial, dijelaskannya, merupakan salah satu strategi marketing yang sangat ampuh guna peningkatan omzet dan pengembagan usaha pada saat ini. Sehingga pengelolaan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan Tiktok menjadi media promosi audio visual yang menarik untuk disuguhkan kepada konsumen.

Harry Sulistyo, S.Kom salah satu narasumber coaching pemanfaatan media sosial pada materinya menyampaikan diera digital sekarang, setiap orang memiliki smartphone. Sehingga pelaku usaha jangan sampai lengah memanfaatkan beragam platform media sosial untuk mempromosikan usahanya.

“Antusias peserta cukup tinggi dengan materi pemanfaatan media sosial ini, kita berharap seluruh pelaku UMKM Kota Padang Panjang bisa menyediakan konten menarik yang bisa membantu calon konsumen memahami produk yang kita jual. Semakin bernilai konten yang disajikan, semakin mudah membangun kepercayaan calon konsumen,” jelasnya.

Untuk materi pemanfaatan media sosial ini juga menghadirkan dua narasumber lainnya yaitu Rizky Alfadly, M.Sn dan Derith Emma Harycha, S.Sos selaku kreator digital.

(jul/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update