Gelaran Perdana, Bupati Tanah Datar Buka Festival Rang Singgalang X Koto
×

Adsense

Adsense Mobile

Gelaran Perdana, Bupati Tanah Datar Buka Festival Rang Singgalang X Koto

Sabtu, 19 November 2022 | 19.00 WIB Last Updated 2022-11-19T12:14:06Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Festival Rang Singgalang X Koto
Festival Rang Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. (f/prokopim)

TANAH DATAR, Mjnews.id - Festival Rang Singgalang langkah strategis untuk mendukung salah satu Program Unggulan (Progul) Satu Nagari, Satu Event yang akan memacu aktifnya sanggar kesenian, klub olahraga, UMKM dan sebagainya.

"Kita menganggap Festival Rang Singgalang ini, sebagai bentuk pelestarian seni budaya serta pariwisata di nagari. Hal ini pun sebagai tindak lanjut dari progul Satu Nagari, Satu Event," ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. saat membuka acara tersebut secara langsung, Jorong Subarang, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Sabtu (19/11/2022).

Pergelaran bertema "Singgalang Rancak, Singgalang Berbudaya" yang digagas Komunitas Pecinta Seni Budaya Anak Nagari Singgalang (KOPSBANSI) itu, juga menjadi wadah silaturahmi antar seluruh masyarakat, di nagari yang memiliki keindahan alam luar biasa ini. 

"Ini juga sarana silaturahmi seluruh lapisan masyarakat. Semoga membawa manfaat dan peluang-peluang kebaikan untuk Nagari Singgalang yang kita cintai," ujar Bupati Eka.

Selain itu, Bupati Eka mengatakan bahwa pemerintah daerah telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan dalam mensejahterakan masyarakat. Dimana, sektor pariwisata berdampak multiplier effect yang akan memajukan pertanian, industri kecil, perdaganggan, kuliner, penyerapan tenaga kerja dan lain sebagainya. 

"Keseriusan pemerintah daerah di sektor pariwisata ini, tertuang di misi ke empat, yakni pembangunan pariwisata berkelanjutan berbasis adat dan budaya serta sumber daya alam," ujar Bupati Eka. 

Bupati Eka berharap pelaksanaan Festival Rang Singgalang ini, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pariwisata di daerahnya. 

"Mudah-mudahan melalui pergelaran ini, potensi seni, budaya dan pariwisata bermunculan, untuk dikembangkan dan dikelola secara profesional," ujar Bupati Eka. 

Selain itu, Bupati Eka juga mengapresiasi semangat masyarakat nagari singgalang yang telah sukses menyelenggarakan Festival Rang Singgalang. 

"Walaupun belum masuk program Satu Nagari, Satu Event di tahun ini. Tetapi masyarakatnya telah menunjukan semangat yang luar biasa. Insya Allah, di pergelaran Satu Nagari, Satu Event di tahun yang akan datang, nagari Singgalang menampilkan pergelaran terbaiknya," ujar Bupati Eka. 

Wali Nagari Singgalang, Seri Mesra Dt. Pangulu Basa Nan Kuruih mengatakan pergelaran Festival Singgalang sebagai pra event progul Satu Nagari, Satu Event di tahun 2023. 

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat terus secara konsisten memberikan kontribusi dalam membangun Nagari Singgalang berbasis seni, adat dan budaya, berfilosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. 

"Masyarakat nagari Singgalang sangat antusias menyambut pergelaran ini, seluruh pihak melibatkan diri untuk suksesnya acara Festival Rang Singgalang. Ini sebagai pembuktian bahwa nagari Singgalang, telah berbenah untuk mensukseskan progul Satu Nagari, Satu Ivent di tahun mendatang," ujarnya. 

Ketua KAN Singgalang Angku Dt. K. Batuah Nan Kuniang mengatakan Festival Rang Singgalang kali pertama diadakan di nagarinya. 

"Baru kali ini di Nagari Singgalang mengadakan baralek yang menyajikan pergelaran seni, adat dan budaya oleh anak nagari, semoga ini terus terjaga dan terlaksana," ujarnya.
 
Turut hadir di kesempatan itu Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, anggota DPRD Tanah Datar Afrizal Dt. Rajo Lenggang, Camat X Koto Adiawarman, Forkopimca, Niniak Mamak, Nundo Kanduang dan Tokoh Masyakat Kecamatan X Koto lainnya.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update