Gubernur Sumbar Buka MTQ ke-40 Tingkat Kota Padang Panjang di Islamic Center

Gubernur Sumbar, Mahyeldi buka MTQ ke-40 Tingkat Kota Padang Panjang di Islamic Center
Gubernur Sumbar, Mahyeldi buka MTQ ke-40 Tingkat Kota Padang Panjang di Islamic Center. (f/maison)

Padang Panjang, MJNews.id – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XL-2022 Tingkat Kota Padang Panjang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansyarulah Dt. Marajo. MTQ tingkat Kota Padang Panjang bakal digelar pada tanggal 28-30 November 2022 di Islamic Center.

Adapun cabang yang diperlombakan, antara lain Tilawah, Tartil, Fahmil, Syarhil, Hifzil, dan Tafsir, Khutbah Jumat dan Kaligrafi Qur’an. Dengan jumlah peserta sebanyak limaratusan Qori dan Qoriah.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lokasi penyelenggaraan di Islamic Center, Masjid Raya Jihad, Masjid Taqwa Muhammadiyah, Masjid Nurul Huda, Masjid Taqwa Ngalau, Aula BKPSDM, Aula Camat Padang Panjang Barat, Masjid Nurul Iman, dan Masjid Baiturrahman Busur dan SMP Jihad.

Hal tersebut dikatakan Asisten I Syahdanur, selaku ketua panitia MTQ ke-40 tingkat kota Padang Panjang. Kita berharap, pelaksanaan MTQ Kota ini bisa dilaksanakan maksimal danmencetak para Qori dan Qoriah handal. Yang nantinya, dapat membanggakan Padang Panjang pada tingkat lebih tinggi. 

Baca Juga  Hari Keempat Libur Lebaran, Lalin di Padang Panjang Padat Merayap

“Pemenang ini nanti, lebih dipersiapkan lagi untuk tingkat provinsi. Bila, dibimbing dengan serius sehingga mereka bisa kita andalkan dua atau tiga tahun kedepan. Artinya, kita bukan mempersiapkan mereka secara singkat. Tapi, kita gembleng secara terus menerus sehingga standar layak sebagai orang penghapal Al Quran benar-benar dapat kita pertaruhkan.

Wakil Wali Kota, Asrul dalam hantaran singkatnya mengatakan, Padang Panjang bertekad untuk menjadi terbai pada ajang MTQ tingkat Provinsi yang bakal digelar Kabupaten Solok. Sebagai Kora Serambi Mekah, dan gudangnya para penghapal Al Qoran. “Tentu, momen tersebut jadi ajang untuk menjadi yang terbaik dalam mengasah segala kemampuan yang mereka miliki,” terang Asrul.

Kita berharap, dukungan dari masyarakat dan orang tua dari para peserta untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-40 ini.

“MTQ ini merupakan agenda rutin tahunan, walaupun berbeda tetapi esensinya tetap sama. Kegiatan MTQ ini bertujuan untuk menjaring potensi-potensi yang ada di berbagai lembaga pendidikan, yang selama ini belum tersentuh. Dengan tujuan akhir mewakili Padang Panjang di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Baca Juga  BPBD Kesbangpol Berbagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Sementara, Gubernur Mahyeldi mengatakan, MTQ menjadi benteng pertahanan kita dalam serbuan arus globalisasi melanda negeri ini. Untuk itu, sangatlah terasa besarnya mamfaat MTQ digelar disetiap kecamatan dalam Provinsi dan kota yang ada di Sumbar. Untuk Padang Panjang sendiri, sebagai kota Serambi Mekah. MTQ merupakan, helatan punya nilai tinggi. “Apalagi, Padang Panjang terdiri dua kecamatan, jadi aura regilinya sangat terasa sekali,” ujar Mahyeldi. 

Di tempat terpisah, Kabag Bagian Kesra, Erwina Agreni, mengatakan saat rapat persiapan MTQ, Rabu (16/11/2022) di Hall Lantai III Balai Kota mengungkapkan, kegiatan pembukaan dan penutupan dipusatkan di Islamic Center.

“Senin (28/11) pembukaan di Islamic Center, Selasa (29/11) lomba dan Rabu (30/11) penutupan. Sebelum penutupan, akan didahului dengan Tablig Akbar,” ujarnya.

(Son)